LAPORAN PENELITIAN : Pengembangan Buku Ajar Bahasa Inggris di Laboratorium Bahasa IAIN Palopo

Mappile, Ria Warda and Yahya, Amalia (2021) LAPORAN PENELITIAN : Pengembangan Buku Ajar Bahasa Inggris di Laboratorium Bahasa IAIN Palopo.

[thumbnail of FIX LAPORAN AKHIR  WARDA & AMALIA.pdf] Text
FIX LAPORAN AKHIR WARDA & AMALIA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan buku ajar materi pada
laboratorium bahasa Inggris dengan sistem multimedia dan mempunyai konten
penguatan nilai-nilai pengetahuan dasar Islam yang sesuai dengan kebutuhan
mahasiswa serta bagaimana profil bahan ajar yang digunakan saat pembelajaran
di Lab bahasa yang valid, praktis dan efektif untuk menunjang mutu kompetensi
bahasa Inggris dan sekaligus penguatan pengetahuan dasar Islam mahasiswa
IAIN Palopo. Rumusan Masalah penelitian ini yaitu: Bagaimana profil
bahan ajar bahasa Inggris yang valid, praktis dan efektif yang dapat
digunakan saat pembelajaran di Laboratorium bahasa IAIN Palopo
dengan sistem multimedia dan mempunyai konten penguatan nilai-nilai
dan pengetahuan dasar Islam yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa
untuk menunjang mutu kompetensi bahasa Inggris dan sekaligus
penguatan pengetahuan dasar Islam mahasiswa IAIN Palopo?. Adapun
metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and
Development (R&D) dilakukan dengan menggunakan model desain
ADDIE yaitu Analyze (Need Analysis), Design, Develop, Implement,
Evaluate yang telah dimodifikasi dengan model desain pendekatan
pembelajaran ESP yang dikemukakan oleh Hutchinson dan Waters
(2008). Model ini telah disederhanakan menjadi proses desain terdiri 6
proses: Analisis kebutuhan, pengembangan materi, validasi ahli, revisi
produk, uji coba produk, dan produk akhir. Berikut disajikan tabel
prosedur pengembangan materi bahan ajar bahasa Inggris untuk
mahasiswa di IAIN Palopo. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan melalui
kuesioner dan wawancara maka bahan ajar yang dikembangkan adalah
berupa buku bahan ajar penunjang pembelajaran di laboratorium
Bahasa., Buku ini terdiri dari enam unit, yaitu: (1) Pillars of Islam (2) The
First Pillar of Islam : Syahadatain (3) The Second Pillar of Islam: Shalat (4)
The Third Pillar of Islam: Zakat (5) The Fourth Pillar of Islam: Fasting (6)
The Fifth Pillar of Islam: Hajj. Setiap unit yang dikembangkan pada bahan
ajar bahasa Inggris untuk mahasiswa IAIN Palopo ini mempunyai
kerangka dan susunan yang sama, yaitu buku bahan ajar ini disusun
berdasarkan hasil analisis kebutuhan mahasiswa IAIN Palopo. Dalam
proses pembelajaran mahasiswa mengerjakan tugas yang menyenangkan
seperti Puzzling, Rearranging, Matching and Ordering activities. Media
yang digunakan dalam materi ini adalah gambar, tulisan dan
menggunakan aplikasi whattsup dalam ponsel genggam/ gadget
mahasiswa. Mereka mendapatkan penguatan Bahasa Inggris Istilah Islami
. Materi ini dapat menjadi warming up dan penguatan kosakata
3
mahasiswa di IAIN Palopo yang dapat digunakan sebelum masuk ke
materi inti.
Kata Kunci: English for Specific Purpose, Multimedia, Islamic Education

Item Type: Article
Subjects: 400 Ilmu Bahasa, Kebahasaan > 420 Bahasa Inggris
Divisions: Unit Pelaksana Teknis > Pusat Pengabdian Pada Masyarakat
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 03 May 2023 00:01
Last Modified: 03 May 2023 00:01
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5914

Actions (login required)

View Item View Item