PENERAPAN STANDAR NASIONAL INDONESIA TERHADAP PERLINDUNGAN KONSUMEN PADA PRODUK ELEKTRONIK (POMPA AIR DAN KABEL)

DARMAWATI, DARMAWATI (2022) PENERAPAN STANDAR NASIONAL INDONESIA TERHADAP PERLINDUNGAN KONSUMEN PADA PRODUK ELEKTRONIK (POMPA AIR DAN KABEL). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of DARMAWATI.pdf] Text
DARMAWATI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Darmawati, 2022 “Penerapan Standar Nasional Indonesia terhadap Perlindungan
Konsumen pada Produk Elektronik (Pompa Air dan Kabel)”. Skripsi, Program
Studi Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh (1) Abdain, Pembimbing (2) Hardianto.
Penelitian ini membahas mengenai penerapan standar nasional Indonesia terhadap
perlindungan konsumen barang elektronik. Adapun tujuan penelitian ini yaitu: untuk
mengetahui bagaimana penerapan Standar Nasional Indonesia terhadap perlindungan
konsumen pada produk elektronik dan untuk mengetahui hambatan yang dialami
produsen dalam rangka mengimplementasikan ketentuan SNI dikaitkan dengan
penegakan hukum perlindungan konsumen. Jenis penelitian yang digunakan pada
penelitian ini yaitu penelitian normatif. Penelitian normative adalah penelitian yang
mengacu pada konsep hukum sebagai kaidah dengan metodenya yang doctrinal�nomologik yang bertitik tolak pada kaidah ajaran yang dijadikan pedoman perilaku.
Hasil penelitian menujukkan bahwa dalam pasal 4 Undang-Undang Nomor 8 Tahun
1999 tentang Perlindungan Konsumen tertera bahwa ada beberapa poin terkait hak�hak konsumen dan juga merupakan upaya pemerintah untuk melindungi masyarakat
sebagai konsumen dalam rangka mengawasi mutu dan kualitas produk/barang/jasa
yang dipasarkan di masyarakat sebagai konsumen. Produk elektronik pompa air dan
kabel merupakan dua alat pokok yang harus berstandar Nasional Indonesia karena
menyangkut keselamatan pengguna sesuai dengan Undang-Undang No 102 Tahun 2000
Pasal 21 dan 24 tentang Standar Nasional Indonesia (SNI). Hal ini dikarenakan Standar
Nasional Indonesia memberikan kepastian kepada masyarakat sebagai konsumen
untuk mendapatkan produk/barang/jasa sesuai dengan standar yang baik. Adapun
beberapa hambatan yang dialami terkait perlindungan konsumen produk elektronik
berstandar nasional Indonesia yaitu: Ketidaktahuan konsumen mengenai pentingnya
membeli produk yang memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) agar hak-hak
konsumen dapat terlindungi dengan baik sekaligus konsumen mendapatkan produk
yang berkualitas, dan pengaturan SNI dengan pengaturan perlindungan konsumen
masih saling tumpang tindih.
Kata Kunci : Konsumen, Produk Elektronik, SNI

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.8342 Perilaku Konsumen
Divisions: Fakultas Syariah > Program Studi S-1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 10 May 2023 00:34
Last Modified: 10 May 2023 00:34
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5978

Actions (login required)

View Item View Item