IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PAI DAN ALTERNATIF PEMECAHANNYA DI SD NEGERI 1 SULAHO KECAMATAN LASUSUA KABUPATEN KOLAKA UTARA

Agusyanti, Agusyanti (2011) IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PAI DAN ALTERNATIF PEMECAHANNYA DI SD NEGERI 1 SULAHO KECAMATAN LASUSUA KABUPATEN KOLAKA UTARA. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[thumbnail of Agusyanti.pdf] Text
Agusyanti.pdf

Download (979kB)

Abstract

ABSTRAK
Agusyanti, 2011. Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PAI dan
Alternatif Pemecahannya di SD Negeri 1 Sulaho Kecamatan Lasusua
Kabupaten Kolaka Utara, Skripsi Program Studi Pendidikan Agama
Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN)
Palopo. Pembimbing, (I) Dr.Hamzah K., M.HI, (II) Muhammad Irfan
Hasanuddin, MA.
Kata Kunci: Kesulitan belajar, siswa
Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang membahas tentang Identifikasi
Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PAI dan Alternatif Pemecahannya di
SD Negeri 1 Sulaho Kecamatan Lasusua Kabupaten Kolaka Utara. Permasalahan
dalam skripsi ini adalah Bagaimana Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata
Pelajaran PAI dan Alternatif Pemecahannya di SD Negeri 1 Sulaho Kecamatan
Lasusua Kabupaten Kolaka Utara.
Adapun metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode
pengumpulan data yang di dalamnya meliputi angket, wawancara dan dokumentasi.
Untuk pengolahan data digunakan teknik induktif dari khusus ke umum, metode
deduktif dari umum ke khusus serta metode komparatif yakni membandingkan
anatara keduanya.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Kesulitan belajar bidang studi
Pendidikan Agama Islam yang dialami oleh siswa SD Negeri 1 Sulaho antara lain
yaitu : Kurangnya Buku Perpustakaan, Lemahnya Minat Belajar Siswa, Siswa Malas
Mengikuti Pelajaran. Alternatif yang dilakukan guru dalam pemecahan kesulitan
belajar: untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SD Negeri 1 Sulaho antara lain:
Meningkatkan frekuensi kegiatan kokurikuler dan ekstrakokurikuler, memberikan
Bimbingan khusus secara kontinyu, meningkatkan kemampuan profesional guru,
melibatkan masyarakat secara langsung, menyiapkan dan melengkapi alat media
pendidikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 11 May 2023 06:46
Last Modified: 11 May 2023 06:46
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5992

Actions (login required)

View Item View Item