EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE KLASIKAL DALAM MATA PELAJARAN PAI PADA SD NEGERI 33 BONELEMO

Dahliana, Dahliana (2011) EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE KLASIKAL DALAM MATA PELAJARAN PAI PADA SD NEGERI 33 BONELEMO. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[thumbnail of Dahliana.pdf] Text
Dahliana.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dahliana, 2011. Efektifitas Penerapan Metode Klasikal Dalam Mata Pelajaran PAI
Pada SD Negeri 33 Bonelemo – Skripsi Program Studi Pendidikan Agama
Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo.
Pembimbing (1) Dr. Hamza K., M.H.I, (2) Drs. H.M. Arief R., M.Pd.I.
Kata Kunci : Efektifitas, Metode Klasikal, Mata Pelajaran PAI
Skripsi ini membahas tentang Efektifitas Penerapan Metode Klasikal Dalam
Mata Pelajaran PAI Pada SD Negeri 33 Bonelemo. Penelitian ini dimaksudkan untuk
menjawab permasalahan tentang: (1) Bagaimana gambaran efektifitas penerapan metode
klasikal dalam matapelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa SD Negeri 33
Bonelemo, (2) Faktor-faktor apa yang mempengaruhi penerapan metode klasikal dalam
matapelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa SD Negeri 33 Bonelemo
Untuk memberikan jawaban terhadap permasalahan yang dikemukakan di atas,
penulis menggunakan metode penelitian yang dikenal dengan field research atau penelitian
lapangan yaitu penulis terjun langsung meneliti obyek menggunakan teknik: Observasi,
Wawancara, Dokumentasi, Angket, demikian juga library research yaitu penulis
memperoleh data dengan jalan membaca buku-buku yang ada hubungannya dengan
pembahasan skripsi ini. Untuk memudahkan penelitian ini, digunakan analisis tabulasi
frekuensi dengan teknik Skala Likert.
Dari hasil penelitian yang dilakukan di lapangan ditemukan bahwa Penerapan
pendekatan klasikal pada SD Negeri No. 33 Bonelemo terkategori efektif berdasarkan
perhitungan skala Likert. Ini menunjukkan bahwa pendekatan klasikal masih kuat
penggunaannya di kalangan guru khususnya guru pendidikan agama Islam
Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan pendekatan klasikal di SD
Negeri No. 33 Bonelemo antara lain: tujuan pengajaran, keadaan peserta didik, fasilitas
belajar, bahan pengajaran dan situasi belajar mengajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 12 May 2023 06:37
Last Modified: 12 May 2023 06:37
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6000

Actions (login required)

View Item View Item