PENGARUH PEMBIAYAAN ARRUM BPKB DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PENINGKATAN USAHA MIKRO NASABAH PEDAGAIAN SYARIAH PALOPO

SARI, NOPITA (2022) PENGARUH PEMBIAYAAN ARRUM BPKB DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PENINGKATAN USAHA MIKRO NASABAH PEDAGAIAN SYARIAH PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of NOPITA SARI.pdf] Text
NOPITA SARI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Nopita Sari, 2022. “Pengaruh Pembiayaan rrum PK dan Strategi
Pemasaran Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan
Menengah Nasabah Pegadaian Syariah Palopo”. Skripsi
Program Studi Perbankan Syariah,Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing
oleh Muh. Abdi Imam
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Produk Arrum BPKB dan Strategi
Pemasaran terhadap perkembangan usaha mikro kecil dan menengah diKota
Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh
pembiayaan Arrum BPKB dan Strategi Pemasaran terhadap perkembangan
UMKM dikota palopo.
Penelitian ini merupakan penelitian yang mnggunakan metode Penelitian
kuantitatif, sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu nasabah pegadaian
Syariah Cabang Luwu Kota Palopo yang menggunakan produk arrum BPKB di
Pegadaian Syariah Cabang luwu Kota Palopo, adapun sampel yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu sebanyak 78 orang. Adapun data yang digunakan data
primer yang diolah melalui kuesioner yang dibagaikan kepada nasabah Arrum
BPKB.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Arrum BPKB dengan Strategi
pemasaran dapat mengembangkan pendapatan UMKM. Hasil analisis kuantitatif
pada uji t nilai thitung>ttabel(2,648.>0,185)dan signifikan 0,10, jadi Arrum BPKB
berpengaruh terhadap perkembangan usaha UMKM. Pada uji t strategi pemasaran
terhadap perkembangan UMKM terdapat penngaruh yang posituf dan signifikan
dimana nilai thitung>ttabel(3,479>0,185) dengan signifikan 0,001<0,05. Jadi dapat
disimpulkan dari kedua uji hipotesis , H0ditolak dan H1diterima. Artinya secara
parsial produk arrum BPKB dan strategi Pemasaran berpengaruh terhadap
perkembangan usaha UMKM di Kota Palopo.
Kata Kunci:Produk Arrum BPKB,Strategi Pemasaran,Perkembangan usaha
UMKM

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 12 May 2023 08:05
Last Modified: 12 May 2023 08:05
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6010

Actions (login required)

View Item View Item