PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI UPT SMA NEGERI 6 PALOPO

SUPRI, SUPRI (2023) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI UPT SMA NEGERI 6 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of SUPRI.pdf] Text
SUPRI.pdf

Download (18MB)

Abstract

ABSTRAK
Supri, 2022.
“Problematika Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Mata Pendidikan
Agama Islam di UPT SMA Negeri 6 Palopo” Tesis Pascasarjana Program
Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Palopo. Pembimbing (I) Dr. H.
Syamsu Sanusi, M.Pd.I., Pembimbing (II) Dr. Hj. Fauziah Zainuddin, M.Ag.
Tesis ini membahas tentang Problematika Pembelajaran Tatap Muka
Terbatas Mata Pendidikan Agama Islam di UPT SMA Negeri 6 Palopo. Penelitian
ini bertujuan untuk (a) mengetahui penerapan pembelajaran tatap muka terbatas
mata pelajaran pendidikan agama Islam UPT SMA Negeri 6 Palopo. (b)
mengetahui problematika pembelajaran tatap muka terbatas mata pelajaran
pendidikan agama Islam di UPT SMA Negeri 6 Palopo (c) solusi pembelajaran
tatap muka terbatas mata pelajaran pendidikan agama Islam di UPT SMA Negeri 6
Palopo.
Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi
penelitian adalah UPT SMA Negeri 6 Palopo. Subjek dan objek penelitian adalah
pendidik dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi,
interview dan dokumentasi. Dalam penelitian ini teknik pengolahan data yang
digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta
verifikasi dan analisis data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa UPT SMA Negeri 6 Palopo
menerapkan sistem pembelajaran hybrid yaitu system pembelajaran tatap muka
terbatas dan pembelajaran online dengan pembagian sesi ganjil genap. Problem
dalam tatap muka terbatas dari pendidik yaitu adanya keterbatas dalam mengontrol
peserta didik yang mengikuti pembelajaran online, konsentrasi terbagi sehingga
kurang focus, penyampaian materi terkesan terburu-buru karena durasi waktu yang
terbatas. Sementara dari peserta didik yaitu tuntutan untuk beradaptasi dengan jenis
pembelajaran yang diterimanya. Problem dalam pembelajaran pendidikan Agama
yaitu kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi yang diberikan,
kurangnya motivasi, masih ditemukannya peserta didik yang belum mahir dalam
membaca dan menghafalkan doa-doa dalam materi pengurusan jenazah. Upaya
dalam mengatasi problematika Pembelajaran Tatap Muka Terbatas yaitu bagi
peserta didik yang mendapat giliran belajar online maka model pembelajarannya
dalam bentuk penyajian materi singkat berupa poin-poin penting melalui WA group
maupun aplikasi lainnya dan dominan pada penugasan. Sementara bagi yang
mendapat giliran tatap muka terbatas difokuskan pada penjelasan dan pendalaman
materi serta diskusi. Pendekatan secara persuasive, memberikan nasehat, semangat
dan motivasi.
Kata kunci; Problematika, Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, Pendidikan Agama
Islam

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi S-2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 15 May 2023 00:34
Last Modified: 15 May 2023 00:34
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6014

Actions (login required)

View Item View Item