DAMPAK STRATEGI BELAJAR MENGAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 3 BUA KABUPATEN LUWU

Darmaita, Darmaita (2011) DAMPAK STRATEGI BELAJAR MENGAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 3 BUA KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Darmaita.pdf] Text
Darmaita.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Darmaita, 2011; “Dampak Strategi Belajar Mengajar terhadap Prestasi Belajar
Siswa di SMP Negeri 3 Bua Kabupaten Luwu”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah STAIN Palopo, Pembimbing I,
Drs. Syamsu Sanusi, M.Pd.I., Pembimbing II, Drs. Nurdin K., M.Pd.
Kata kunci: Strategi, belajar mengajar, dan prestasi siswa.
Bertolak dari judul tersebut di atas, maka yang menjadi permasalahannya
adalah 1) Bagaimana penerapan strategi belajar mengajar terhadap prestasi belajar
siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Bua Kabupaten
Luwu, 2) Bagaimana prestasi belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama
Islam di SMP Negeri 3 Bua Kabupaten Luwu, 3) Bagaimana dampak penerapan
strategi belajar mengajar terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi Pendidikan
Agama Islam di SMP Negeri 3 Bua Kabupaten Luwu.
Objek penelitian ini adalah siswa dan guru dengan penerapan strategi belajar
mengajar yang diterapkan pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri
3 Bua Kabupaten Luwu, sehingga siswa dapat senantiasa aktif dalam proses belajar
mengajar khususnya pada bidang studi pendidikan agama Islam. Berkenaan dengan
objek penelitian ini, maka data yang diperoleh dan diolah berdasarkan populasi dan
sampel, kemudian data dikumpulkan melalui instrumen penelitian berupa observasi,
interviu, angket dan dokumentasi, lalu dianalisis secara deduktif, induktif dan
komparatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi belajar mengajar di
SMP Negeri 3 Bua Kabupaten Luwu yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama
Islam adalah penerapan demokrasi, penerapan belajar tuntas dan penerapan
kelompok. Adapun tingkat prestasi belajar siswa di SMP Negeri 3 Bua Kabupaten
Luwu khususnya pada materi pelajaran Pendidikan Agama Islam, dapat dikatakan
baik. Namun, peningkatannya masih tetap diperlukan, terutama bagi siswa yang
kurang aktif dalam mengikuti materi pelajaran penerapan strategi belajar mengajar
yang digunakan oleh setiap guru, termasuk guru Pendidikan Agama Islam sangat
berdampak pada tingkat prestasi belajar siswa khususnya pada bidang studi
Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 15 May 2023 00:35
Last Modified: 15 May 2023 00:35
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6016

Actions (login required)

View Item View Item