PENGARUH GURU TERHADAP PENINGKATAN MUTU BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 548 RANTE ALLANG

Dewan, Dewan (2008) PENGARUH GURU TERHADAP PENINGKATAN MUTU BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 548 RANTE ALLANG. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Dewan.pdf] Text
Dewan.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Dewan, 2008. Pengaruh Guru Terhadap Peningkatan Mutu Belajar Siswa di SD
Negeri 548 Rante Allang. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama
Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN)
Palopo.dibimbing (1) Drs.H.Fahmi Damang, MA., (II) Drs.Nurdin K.,
M.Pd.
Kata Kunci : Mutu Belajar, Guru
Skripsi ini membahas tentang pengaruh guru terhadap peningkatan mutu
belajar siswa di SD negeri 548 Rante Allang. Penelitian dilaksanakan dengan
menggunakan pendekatan pedagogik dan dianalisis dengan teknik analisa isi. Untuk
data penelitian digunakan angket, observasi dan wawancara, yang selanjutnya diolah
dalam suatu bentuk deskripsi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mutu belajar siswa di SD 548 Rante
Allang masih dalam kondisi dan taraf yang biasa-biasa saja. Beberapa problema yang
ditemukan dapat clikategorikan kepada dua hal yaitu, 1). Kurangnya sarana dan
prasarana pendidikan, clan 2). Kemampuan instruksional guru yang masih sangat
kurang, dalam hal pengelolaan pengajaran. Oleh karena itu, peran guru sangat
dibutuhkan dalam meningkatkan mutu belajar siswa. Mutu belajar hares diupayakan
oleh guru sebagai motivator dan penggerak kegiatan belajar siswa.
Kesimpulan penelitian menekankan pada perlunya para guru meningkatkan
kualitas kemampuan keguruannya, sehingga mutu belajar siswa dapat ditingkatkan
dan menghasilkan pembelajaran yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 15 May 2023 01:03
Last Modified: 15 May 2023 01:03
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6022

Actions (login required)

View Item View Item