PENTINGNYA PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEMBENTUK AKHLAK MULIA SISWA DI TK HANDAYANI KECAMATAN BAJO KABUPATEN LUWU

Rasyid, Hadisah (2011) PENTINGNYA PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEMBENTUK AKHLAK MULIA SISWA DI TK HANDAYANI KECAMATAN BAJO KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Hadisah Rasyid.pdf] Text
Hadisah Rasyid.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hadisah Rasyid, 2010. Pentingnya Pendidikan Islam dalam Membentuk Akhlak
Mulia Peserta Didik di TK Handayani Kecamatan Bajo Kabupaten Luwu.
Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi
Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo. Pembimbing I: Dra Nursyamsi,
M.Pd.I. Pembimbing II: Dra. Baderiah, M.Ag.
Kata Kunci: Pendidikan Islam, Akhlak Mulia
Skripsi ini membahas tentang, pentingnya pendidikan Islam dalam
membentuk akhlak mulia siswa di TK Handayani Kecamatan Bajo Kabupaten Luwu.
Pembahasannya berangkat dari permasalahan yaitu: 1) Bagaimana gambaran akhlak
siswa di TK. Handayani Kecamatan Bajo Kabupaten Luwu? 2) Bagaimana upaya
guru dalam pembentukan akhlak mulia siswa di TK. Handayani Kecamatan Bajo
Kabupaten Luwu? 3) Apa hambatan dalam pembentukan akhlak mulia siswa di TK.
Handayani Kecamatan Bajo Kabupaten Luwu? Tujuan penelitian adalah: 1) Untuk
mengetahui gambaran akhlak siswa di TK. Handayani Kecamatan Bajo Kabupaten
Luwu. 2) Untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan guru dalam pembentukan
akhlak mulia siswa di TK. Handayani Kecamatan Bajo Kabupaten Luwu. 3). Untuk
mengetahui hambatan yang dihadapi guru dalam pembentukan akhlak mulia pada
siswa TK. Handayani Kecamatan Bajo Kabupaten Luwu.
Untuk memecahkan masalah tersebut, penulis mengadakan penelitian di
lapangan dengan menggunakan instrument penelitian yaitu angket, observasi,
wawancara, dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh melalui angket diolah
dengan metode statistic kuantitatif, sedang data yang diperoleh dari wawancara
dianalisis secara kualitatif kemudian diambil kesimpulan secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peserta didik di TK Handayani
Kecamatan Bajo Barat Kabupaten Luwu secara umum menunjukkan mereka
memiliki akhlak mulia, indikatornya nampak pada kerja sama dalam bermain,
mampu mandiri, tidak susah diatur selama mereka berada di lingkungan TK.
Adapaun upaya yang dilakukan guru dalam pembentukan akhlak peserta didik di TK
Handayani Kabupaten Luwu yaitu mengadakan variasi pembinaan dalam proses
pembelajaran dengan cara guru berperan sebagai pengamat, melakukan elaborasi dan
guru bertindak sebagai model selanjutnya dijabarkan dalam bentuk, program
pembelajaran, program pengolahan skill, program mingguan dan harian, dan
program pengembangan diri. Sedangkan hambatan dalam meningkatkan akhlak
mulia pada peserta didik di TK Handayani Kecamatan Bajo Barat Kabupaten Luwu
yaitu sarana dan prasarana kurang dan dukungan orang tua peserta didik rendah.
xi
Solusinya adalah membuat daftar donatur tetap yang didukung oleh beberapa orang
pemerhati pendidikan dan Dinas Pendidikan Kecamatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X5.1 Akhlak (Akhlaq)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 15 May 2023 01:48
Last Modified: 15 May 2023 01:48
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6032

Actions (login required)

View Item View Item