PENGARUH PELAYANAN ADMINISTRASI KESISWAAN TERHADAP KEPUASAN SISWA DI SMP NEGERI 5 PALOPO

YUNIAR, YUSMA (2022) PENGARUH PELAYANAN ADMINISTRASI KESISWAAN TERHADAP KEPUASAN SISWA DI SMP NEGERI 5 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of YUSMA YUNIAR.pdf] Text
YUSMA YUNIAR.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Yusma Yuniar, 2022 “Pengaruh Pengaruh Pelayanan Administrasi Kesiswaan
terhadap Kepuasan Siswa di SMP Negeri 5 Palopo”.
Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama
Islam Negeri Palopo, dibimbing oleh Nurdin Kaso dan
Sumardin Raupu.
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Pelayanan Administrasi Kesiswaan
terhadap Kepuasan Siswa di SMP Negeri 5 Palopo. Penelitian ini bertujuan: untuk
mengetahui tingkat pelayanan administrasi kesiswaan di SMP Negeri 5 Palopo;
untuk mengetahui tingkat kepuasan siswa terhadap pelayanan administrasi siwa
di SMP Negeri 5 Palopo; untuk mengetahui pengaruh pelayanan administrasi
kesiswaan terhadap kepuasan siswa di SMP Negeri 5 Palopo.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian
ex-post facto. Adapun jumlah populasi adalah seluruh siswa di SMP Negeri 5
Palopo yang berjumlah 311 orang dengan pengambilan sampel menggunakan
teknik simple random sampling dengan sampel yaitu teknik pengambilan anggota
sampel dari populasi dilakukan secara acak. Jadi sampel yang digunakan sebanyak
76 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi
sedangkan teknik analisis statistik yang digunakan untuk mengolah data hasil
penelitian, yaitu analisis statistik deskriptif, analisis statistik inferensial, analisis
regresi linear sederhana, uji hipotesis dan koefisien determinasi dengan
menggunakan bantuan Microsoft Office Excel dan software SPSS vers 26.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pelayanan administrasi kesiswaan di
SMP Negeri 5 Palopo sudah berjalan dengan baik, hal ini dilihat dari rata-rata
persentase sebesar 42% dengan kategori tinggi/baik, 2) kepuasan siswa di SMP
Negeri 5 Palopo sudah cukup/puas, hal ini dilihat dari rata-rata persentase nilai
responden pada angket kepuasan siswa sebesar 39% dengan kategori rendah/puas,
dan 3) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara pelayanan administrasi
kesiswaan terhadap kepuasan siswa di SMP Negeri 5 Palopo dengan nilai yang
sangat kecil yakni hanya sebesar 0,1% saja.
Kata Kunci: Pelayanan Administrasi Kesiswaan, Kepuasan Siswa

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 15 May 2023 01:42
Last Modified: 15 May 2023 01:42
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6033

Actions (login required)

View Item View Item