UPAYA PENINGKATAN KUALITAS EMOSIONAL ANAK DIDIK DI TK. AISYIYAH DESA LARA I KABUPATEN LUWU UTARA (STUDI KASUS PADA TK. AISYIYAH DESA LARA I, KAB. LUWU UTARA)

Haliati 1, Haliati 1 (2011) UPAYA PENINGKATAN KUALITAS EMOSIONAL ANAK DIDIK DI TK. AISYIYAH DESA LARA I KABUPATEN LUWU UTARA (STUDI KASUS PADA TK. AISYIYAH DESA LARA I, KAB. LUWU UTARA). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Haliati.pdf] Text
Haliati.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Haliati. 2011. “Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini sebagai Upaya
Peningkatan Kreativitas dan Kualiatas Emosional (Kepribadian)
Anak Didik (di TK. Aisyiyah Desa Lara I Kec. Baebunta Ka. Luwu
Utara)”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan
Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Palopo, Pembimbing (I),
Sukirman Nurdjan, S.S., M.Pd. Pembimbing (II), Rahmawati, S.Ag.,
M.Ag.
Kata kunci: Karakteristik Anak, Kesulitan Belajar .
Skripsi ini membahas tentang gambaran cara menerapkan pendidikan
emosional (kepribadian) pada anak usia dini dan faktor pendukung dan penghambat
di TK. Aisyiyah Desa Lara I, Kec. Baebunta, Kab. Luwu-Utara dalam pengembangan
kepribadian (emosional) pada anak usia dini.
Untuk memperoleh data yang dibutuhkan, maka penulis menggunakan
metode kepustakaan sebagai landasan teori, dan metode lapangan sebagai metode
mengumpulkan data di lokasi penelitian melalui observasi, interview, dan
dokumentasi.
Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat dikemukakan bahwa gambaran
pemahaman cara menerapkan pendidikan emosional bagi anak didik di TK. Aisyiyah
Desa Lara I Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu Utara, sebagai berikut: a. Guru
wajib menjadi suri teladan yang baik bagi anak didik dalam segala hal, b.
Membangun motivasi belajar anak didik, c. Mendesain ruang belajar dan ruang
bermain anak didik senyaman mungkin dan menyenangkan bagi anak didik.
d. memberikan nasehat kepada anak didik setiap harinya sebelum belajar dan sebelum
pulang ke rumah.
Adapun faktor penghambat perkembangan emosional (kepribadian) anaka
didik adalah alat peraga yang masih terbatas, sarana berupa gedung yang masih
kurang dan upaya yang ditempuh adalah memaksimalkan segala media bermain dan
alat peraga di setiap pembelajaran dan membuat catatan perkembangan yang terjadi.
Sementara itu yang menjadi faktor pendukung adalah dukungan orang tua atau
keluarga dan lingkungan belajar yang cukup kondusif.
Berdasarkan hasil penelitian yang diproleh, maka disarankan kepada seluruh
agar membuat perencanaan pembelajaran yang konteks dengan kebutuhan dan
perkembangan siswa. Oleh karena itu, kiat dan usaha guru perlu didukung dengan
sarana pembelajaran media bermain, utamanya bagi pendidikan anak usia dini (TK).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 15 May 2023 02:35
Last Modified: 15 May 2023 02:35
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6039

Actions (login required)

View Item View Item