PERKEMBANGAN USIA ANAK TERHADAP KEMAMPUAN INTELEKTUAL PADA SISWA SDN 309 UJUNG BASSIANG KECAMATAN PONRANG SELATAN KABUPATEN LUWU

Hamra, Hamra (2011) PERKEMBANGAN USIA ANAK TERHADAP KEMAMPUAN INTELEKTUAL PADA SISWA SDN 309 UJUNG BASSIANG KECAMATAN PONRANG SELATAN KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Hamra.pdf] Text
Hamra.pdf

Download (981kB)

Abstract

ABSTRAK
Hamra, 2011: “Perkembangan Usia Anak Terhadap Kemampuan Intelektual Siswa SDN
309 Ujung Bassiang Kecamatan Ponrang Selatan Kabupaten Luwu.”
Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pembimbing
I, Sukirman Nurdjan, S.S., M.Pd., Pembimbing II, Dra. Fatmarida
Sabani, M. Ag.
Kata kunci: Perkembangan Usia Anak, kemampuan Intektual Siswa.
Skripsi ini membahas tentang perkembangan usia anak terhadap kemampuan
intelektual siswa SDN 309 Ujung Bassiang Kec. Ponrang Selatan Kab. Luwu. Yang
menjadi pembahasan utama penelitian ini adalah perkembangan usia anak terhadap
kemampuan intelektual siswa SDN 309 Ujung Bassiang Kec. Ponrang Selatan Kab.
Luwu. Dalam hal ini penulis ingin memperoleh data tentang (1) Bagaimana
perkembangan intelektual anak di SDN 309 Ujung Bassiang Kec. Ponrang Selatan Kab.
Luwu; (2)Bagaimana peran guru dan orang tua dalam pengembangan intelektual siswa
SDN 309 Ujung Bassiang Kecamatan Ponrang Selatan Kabupaten Luwu;
(3)Bagaimana hambatan dan solusi terhadap perkembangan intelektual anak di SDN
309 Ujung Bassiang Kec. Ponrang Selatan Kab. Luwu.
Dalam konteks penelitian ini, peneliti menggunakan desain penelitian kualitatif
untuk menguraikan suatu fenomena. Jumlah populasi keseluruhan adalah 253 siswa.
Penelitian ini mengambil sampel satu kelas yakni kelas empat. Selanjutnya dalam
pengumpulan data, penulis menggunakan cara: observasi, dokumentasi dan wawancara.
Dan selanjutnya peneliti menganalisis data yang diperoleh dengan teknik deduksi dan
teknik induksi.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:
1. Perkembangan intelektual anak di SDN 309 Ujung Bassiang Kec. Ponrang
Selatan Kab. Luwu, dengan intektual yang memadai.
2. Peran guru dan orang tua dalam pengembangan intelektual siswa SDN 309 Ujung
Bassiang Kecamatan Ponrang Selatan Kabupaten Luwu, terlaksana dengan baik dan
dapat dipahami oleh anak-anak pada usia sekolah Dasar.
3. Hambatan dan solusi terhadap perkembangan intelektual anak di SDN 309 Ujung
Bassiang Kec. Ponrang Selatan Kab. Luwu, masih mengalami hambatan yang berasal
dari kondisi keluarga yakni kurangnya motivasi dan dorongan dalam menuntut ilmu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 15 May 2023 02:50
Last Modified: 15 May 2023 02:50
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6041

Actions (login required)

View Item View Item