Hariani, Hariani (2011) URGENSI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI DI SD NEGERI 105 LAMASI KAB. LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Hariani.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
v
Hariani. 2010. Komunikasi Kelompok sebagai Suatu Strategi dalam Pelaksanaan
Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah GUPPI Kecamatan
Mangkutana Kabupaten Luwu Timur. Skripsi. Jurusan Tarbiyah Program
Studi Pendidikan Agama Islam (S.Pd.I). Pembimbing: (1) Drs. Masmuddin,
M.Ag; (2) Dra. Baderiah, M.Ag
Kata kunci : Komunikasi Kelompok, Strategi, Pelaksanaan PAI, MTs. GUPPI
Skripsi ini berjudul Komunikasi Kelompok sebagai Suatu Strategi dalam
Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah GUPPI Kecamatan
Mangkutana Kabupaten Luwu Timur. Adapun pokok permasalahannya adalah: 1)
Bagaimana strategi komunikasi kelompok dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam di
MTs. GUPPI Kecamatan Mangkutana Kabupaten Luwu Timur; 2) Bagaimana hasil yang
dicapai dengan strategi komunikasi kelompok dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam
di MTs. GUPPI Kecamatan Mangkutana Kabupaten Luwu Timur.
Dalam pembahasan penelitian ini digunakan beberapa tahap antara lain: (1)
Pengumpulan data dengan mempergunakan metode Libraray Research dan Field Research.
Library Research yaitu metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara membaca
buku-buku yang berkaitan dengan bahasan skripsi ini, penyusun mengutip data secara
langsung maupun tidak langsung. dan Field Research yaitu penulis langsung ke lapangan
penelitian untuk mengadakan penelitian, terhadap data yang ada kaitannya dengan
pembahasan skripsi ini. Dalam mengumpulkan data dari lokasi penelitian, (2)
Analisis data dengan mempergunakan metode analisis data dengan menggunakan metode
kualitatif dan kuantitatif. (3) Hasil analisa data dirangkum dalam bentuk kesimpulan dan
dituangkan menjadi saran-saran.
Adapun tujuan untuk mengetahui strategi komunikasi kelompok sebagai salah satu
strategi dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam di MTs. GUPPI di kecamatan
Mangkutana dan mengetahui hasil yang dicapai melalui komunikasi kelompok di MTs.
GUPPI Kecamatan Mangkutana.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi kelompok yang
merupakan salah satu strategi dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam di MTs. GUPPI
mampu memberikan pengaruh yang positif bagi siswanya. Hal ini dapat dilihat melalui hasil
yang dicapai. Dengan komunikasi kelompok maka kegiatan belajar mengajar lebih aktif,
interaksi satu sama lain lebih terasa. Selain itu, dengan komunikasi kelompok mampu
memupuk keakraban antara guru, orang tua siswa, dan tidak kalah pentingnya adalah siswa
itu sendiri. Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan Islam, sehingga
setiap siswa diharapkan nantinya dapat menjadi Insan kamil yang senantiasa berpegang
teguh pada nilai-nilai ajaran Islam.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 15 May 2023 03:23 |
Last Modified: | 15 May 2023 03:23 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6044 |
Actions (login required)
View Item |