MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE PEMBERIAN TUGAS SETIAP AKHIR PEMBELAJARAN YANG DISERTAI UMPAN BALIK PADA SISWA KELAS VII.5 SMPN 8 PALOPO

Harwati, Harwati (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE PEMBERIAN TUGAS SETIAP AKHIR PEMBELAJARAN YANG DISERTAI UMPAN BALIK PADA SISWA KELAS VII.5 SMPN 8 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Harwati.pdf] Text
Harwati.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Harwati, 2011 “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Metode
Pemberian Tugas yang disertai Umpan Balik pada Siswa Kelas VII.5
SMP Negeri 8 Palopo”. Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri
(STAIN) Palopo.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research).
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar matematika melalui
penerapan metode pemberian tugas setiap akhir pembelajaran disertai umpan balik
pada siswa kelas VII.5 SMP Negeri 8 Palopo. Subjek penelitian ini berjumlah 33
orang yang terdiri atas 14 laki-laki dan 19 perempuan. Teknik pengumpulan data
adalah menggunakan lembar observasi, dokumentasi, dan tes pada setiap akhir siklus
I dan II sesuai dengan materi yang diajarkan.
Hasil yang diperoleh dari analisis kualitatif dan kuantitataif adalah: secara
kualitatif, terjadi perubahan sikap siswa dengan melakukan aktivitas berupa berupa
kegiatan positif dalam setiap pelaksanaan proses belajar mengajar, perubahan
tersebut terjadi pada peningkatan perhatian, motivasi siswa terhadap materi pelajaran
yang diberikan guru. Semangat dan antusias siswa dalam mengikuti proses belajar
sangat tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan minimnya siswa yang melakukan kegiatan
mengganggu kegiatan pembelajaran, sehingga dampak yang ditimbulkan adalah
siswa dapat menyelesaikan tugas yang diberikan baik tugas di sekolah maupun tugas
di rumah. Selain itu, kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugasnya secara
mandiri tidak lagi memerlukan bimbingan dari guru dan frekuensi kehadiran siswa
tergolong tinggi.
Adapun secara kuantitatif, analisis data digunakan statistik deskriptif, nilai
rata-rata, standar deviasi, frekuensi, varian, rentang, nilai tertinggi, dan nilai
terendah. Nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas VII.5 SMP Negeri 8
Palopo setelah diadakan penelitian ini adalah 65,75% (siklus I) menjadi 80,00%
(siklus II). Jumlah siswa tuntas individu pada siklus I sebanyak 16 orang siswa
(49,49%) dan pada siklus II meningkat menjadi 33 orang siswa (100,00%),
sedangkan nilai terendah pada siklus I yaitu 20 dengan rentang 80 dan nilai terendah
pada siklus II yaitu 65 dengan rentang 35. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan
bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika dengan penerapan metode
pemberian tugas setiap akhir pembelajaran yang disertai umpan balik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 15 May 2023 05:17
Last Modified: 15 May 2023 05:17
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6046

Actions (login required)

View Item View Item