PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP PERKEMBANGAN PERILAKU SISWA DI SDN NO. 45 PADANG ALIPAN KOTA PALOPO

Hasnah, Hasnah (2011) PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP PERKEMBANGAN PERILAKU SISWA DI SDN NO. 45 PADANG ALIPAN KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Hasnah.pdf] Text
Hasnah.pdf

Download (959kB)

Abstract

Hasnah, 2011. “Pengaruh Pendidikan Agama Islam (PAI) Terhadap
Perkembangan Perilaku Siswa di SDN No. 45 Padang Alipan Kota Palopo”
Di bawah bimbingan (I) Dra. St. Marwiyah, M.Ag (II) Rahmawati, M.Ag.
Kata Kunci : PAI, Perilaku Siswa, dan SDN No. 45 Padang Alipan.
Skripsi ini menitikberatkan pada pembahasan tentang sejauh mana tingkat
pengaruh mata pelajaran PAI terhadap analisis perkembangan perilaku siswa di
SDN No. 45 Padang Alipan Kota Palopo. Penelitian ini pada dasarnya disusun
untuk (1) melihat lebih dalam pengaruh yang dihasilkan oleh mata pelajaran PAI
terhadap perkembangan perilaku siswa di SDN No. 45 Padang Alipan Kota
Palopo, dan (2) untuk mengidentifikasi berbagai kendala yang dihadapi guru PAI
dalam mengembangkan perilaku siswa melalui mata pelajaran PAI, untuk
selanjutnya diberikan pesan dan saran yang solutif.
Untuk mendapatkan inti persoalan sebagaimana disebutkan di atas, penulis
menempuh metode penelitian deskriptif kuantitatif-kualitatif. Langkah yang
ditempuh antara lain: pendekatan psiko-individual kultural dan pendekatan
institusional. Sementara itu, data dikumpulkan dengan penelitian pustaka dan
penelitian lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah guru PAI sebanyak 2
orang dan siswa kelas IV s.d. kelas VI yang berjumlah 145 orang. Sementara
sampel diambil 20% dari keseluruhan populasi kategori siswa (29 orang) dan
semua populasi guru (2 orang).
Berdasarkan penelitian dan analisis penulis dapat disimpulkan proses belajar
mengajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terkadang menjadi sarana
kurang efektif pengembangan perilaku siswa-siswi di SDN No. 45 Padang Alipan
Kota Palopo. Hal tersebut antara lain disebabkan benturan dengan kondisi
keluarga, sekolah, dan lingkungan.
Ke depannya diharapkan kepada guru Pendidikan Agama Islam kiranya mampu
membenahi diri untuk bekerja lebih keras dalam mengembangkan perilaku peserta
didik di SDN No. 45 Padang Alipan Kota Palopo.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 15 May 2023 05:59
Last Modified: 15 May 2023 05:59
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6053

Actions (login required)

View Item View Item