PENGARUH BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 WALENRANG

PRISILIA, PRISILIA (2022) PENGARUH BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 WALENRANG. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of BELLA PRISILIA.pdf] Text
BELLA PRISILIA.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
xxi
Bella Prisilia, 2022. “Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua terhadap Prestasi
Belajar Matematika Pesertas Didik Kelas VIII SMP Negeri 1
Walenrang”. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Alia Lestari dan Ino Sulistiani
Skripsi ini membahas tentang pengaruh bimbingan belajar orang tua
terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1
Walenrang. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan deskripsi tentang bimbingan
belajar matematika dari orang tua peserta didik kelas VIII SMPN 1 Walenrang;
memberikan informasi mengenai prestasi belajar matematika peserta didik kelas
VIII SMP Negeri 1 Walenrang; dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh
bimbingan belajar matematika dari orang tua terhadap prestasi belajar peserta didik
kelas VIII SMP Negeri 1 Walenrang.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP
Negeri 1 Walenrang yang terdiri dari 66 peserta didik. Sampel yang digunakan
sebanyak 27 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kuesioner, pedoman wawancara, dan nilai raport peserta didik.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Bimbingan belajar dari orang
tua peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Walenrang dalam hal penyediaan fasilitas
belajar, mengawasi kegiatan belajar, serta mengawasi waktu belajar berada pada
kategori Baik; 2) Prestasi belajar matematika peserta didik yang menjadi sampel
pada penelitian ini berada pada kategori Baik dengan nilai rata-rata 81; dan 3)
Bimbingan belajar dari orang tua tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi
belajar Matematika peserta didik, dengan nilai signifikansi 0,235.
Kata kunci : Bimbingan Orang Tua, Prestasi Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 15 May 2023 06:26
Last Modified: 15 May 2023 06:26
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6056

Actions (login required)

View Item View Item