URGENSI KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS DALAM PENCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA SDN NO. 474 BALUBU KECAMATAN BELOPA KABUPATEN LUWU

Hayani, Hayani (2011) URGENSI KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS DALAM PENCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA SDN NO. 474 BALUBU KECAMATAN BELOPA KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Hayani.pdf] Text
Hayani.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Hayani, 2011. Urgensi Keterampilan Mengelola Kelas dalam Pencapaian Tujuan
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Siswa SDN 474 Balubu
Kecamatan Belopa Kabupaten Luwu. Skripsi Program Studi Pendidikan
Agama Islam Jurusan Tarbiyah STAIN Palopo. Pembimbing I: Drs. Hasri,
M.A. Pembimbing II: Nursaeni, S.Ag., M.Pd
Kata Kunci : Keterampilan Mengelola Kelas, Pencapaian Tujuan Pembelajaran
Urgensi Keterampilan Mengelola Kelas dalam Pencapaian Tujuan
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Siswa SDN 474 Balubu Kecamatan
Belopa Kabupaten Luwu, berangkat dari permasalahan yaitu: 1) Bagaimana bentuk
pengelolaan kelas pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SDN No. 474
Balubu Kecamatan Belopa Kabupaten Luwu, 2) Faktor-faktor apa yang menunjang
pencapaian tujuan pembelajaran pendidikan agama Islam pada SDN No. 474 Balubu
Kecamatan Belopa Kabupaten Luwu, 3) Bagaimana Urgensi keterampilan
pengelolaan kelas pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SDN No. 474
Balubu Kecamatan Belopa Kabupaten Luwu. Tujuan Penelitian yaitu: 1) Untuk
mengetahui gambaran pengelolaan kelas pada pembelajaran pendidikan agama Islam
di SDN No. 474 Balubu Kecamatan Belopa Kabupaten Luwu, 2) Untuk mengetahui
faktor-faktor yang menunjang pencapaian tujuan pembelajaran pendidikan agama
Islam pada SDN No. 474 Balubu Kecamatan Belopa Kabupaten Luwu dan 3) Untuk
mengetahui urgensi dari keterampilan pengelolaan kelas pada pembelajaran
pendidikan agama Islam di SDN No. 474 Balubu Kecamatan Belopa Kabupaten
Luwu.
Untuk memperoleh data di lapangan, peneliti mengumpulkan data dengan
metode penelitian yaitu observasi, dengan instrumen wawancara dan angket. Data
yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif, interpretatif
maupun korelatif
xi
Hasil penelitian disimpulkan bahwa Pengelolaan kelas yang dilakukan di SDN
474 Balubu yaitu penataan ruang kelas belajar dengan penataan penempatan tempat
duduk siswa dalam belajar. Faktor-faktor yang menunjang pencapaian tujuan
pembelajaran di SDN 474 Balubu yaitu adanya sinergitas antara guru, siswa dan
kepala sekolah dalam proses belajar mengajar, dimana guru dengan kompetensinya
mengelola kelas dengan kondusif sehingga siswa tenang dalam mengikuti proses
pembelajaran yang secara langsung terindikasi dengan mudah siswa memahami
materi pelajaran yang ada. Urgensi dari managemen kelas di SDN 474 Balubu yaitu
efektifnya proses pembelajaran yang ada yang berindikasi kepada pencapaian tujuan
pembelajaran bagi peserta didik yang ada di SDN 474 Balubu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 15 May 2023 06:25
Last Modified: 15 May 2023 06:25
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6057

Actions (login required)

View Item View Item