PENINGKATAN KUALITAS KETERAMPILAN INSTRUKSIONAL KALANGAN GURU DI SD NEGERI I LASUSUA” (Studi Tentang Aktivitas Pemberdayaan Guru Melalui KKG)

Hj. Marhaya, Hj. Marhaya (2011) PENINGKATAN KUALITAS KETERAMPILAN INSTRUKSIONAL KALANGAN GURU DI SD NEGERI I LASUSUA” (Studi Tentang Aktivitas Pemberdayaan Guru Melalui KKG). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Hj. Marhaya.pdf] Text
Hj. Marhaya.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Hj.Marhaya, 2011. Peningkatan Kualitas Keterampilan Instruksional Kalangan Guru
Di SD Negeri I Lasusua (Studi Tentang Aktivitas Pemberdayaan Guru
Melalui KKG). Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan
Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo.
Pembimbing, (I) Drs. Syamsu S., M.Pd.I, (II) Taqwa, S.Ag., M.Pd.I..
Kata Kunci: Keterampilan mengajar, guru
Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang membahas tentang Peningkatan
Kualitas Keterampilan Instruksional Kalangan Guru Di SD Negeri I Lasusua (Studi
Tentang Aktivitas Pemberdayaan Guru Melalui KKG). Permasalahan dalam skripsi
ini adalah Bagaimana Peningkatan Kualitas Keterampilan Instruksional Kalangan
Guru Di SD Negeri I Lasusua (Studi Tentang Aktivitas Pemberdayaan Guru Melalui
KKG).
Adapun metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode
pengumpulan data yang di dalamnya meliputi angket, wawancara dan dokumentasi.
Untuk pengolahan data digunakan teknik induktif dari khusus ke umum, metode
deduktif dari umum ke khusus serta metode komparatif yakni membandingkan
anatara keduanya.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Upaya peningkatan keterampilan
instruksional guru di SD Negeri 1 Lasusua Kab.Kolaka Utara belum secara maksimal
meliputi ketiga aspek ranah pendidikan yaitu aspek kognitif, afektif, dan
psikomotorik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas belajar siswa pada aspek
kognitif atau pemahaman teori pengetahuan sudah baik, demikian pula pada aspek
afektif. Namun dari sisi aspek psikomotorik masih dianggap kurang sehingga
dibutuhkan upaya-upaya untuk meningkatkannya. Untuk mencapai profesionalisme
guru, maka dibutuhkan upaya yang bersifat dua arah, yaitu secara institusional dari
pihak sekolah, dan dari pihak guru itu sendiri. Dari pihak sekolah dengan mengirim
para guru untuk mengikuti kursus atau workshop dari pihak guru secara pribadi
berupaya mengembangkan kemampuan instruksionalnya. Dalam meningkatkan
keterampilan mengajar yang dimiliki agar dapat mewujudkan kualitas belajar dengan
hasil optimal dan memuaskan, yakni : Menyiapkan program pembelajaran secara
sistematis, Menerapkan metode pembelajaran variatif, Membangun komunikasi
dengan orang tua siswa, Meningkatkan jenjang pendidikan guru, Menambah media
pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.12 Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 15 May 2023 07:02
Last Modified: 15 May 2023 07:02
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6066

Actions (login required)

View Item View Item