PENGARUH PENGGUNAAN METODE TANYA JAWAB DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP KREATIVITAS BERPIKIR SISWA MAS NURUL JUNAIDIYAH LAUWO KECAMATAN BURAU KAB. LUWU TIMUR

Kadir, Imrana (2010) PENGARUH PENGGUNAAN METODE TANYA JAWAB DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP KREATIVITAS BERPIKIR SISWA MAS NURUL JUNAIDIYAH LAUWO KECAMATAN BURAU KAB. LUWU TIMUR. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Imran Kadir.pdf] Text
Imran Kadir.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Imrana Kadir. 2010. Pengaruh Penggunaan Metode Tanya Jawab dalam Pembelajaran
Aqidah Akhlak terhadap Kreativitas Berpikir Siswa MAS Nurul Junaidiyah
Lauwo Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur. Skripsi. Jurusan Tarbiyah
Program Studi Pendidikan Agama Islam (S.Pd.I). Pembimbing: (1) Dr. Abdul
Pirol, M.Ag (2) Ilham, S.Ag,.M.A
Kata kunci : Penggunaan metode Tanya jawab, Pembelajaran aqidah Akhlak,
Kreativitas Berpikir.
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Penggunaan Metode Tanya Jawab dalam
Pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap Kreativitas Berpikir Siswa MAS Nurul Junaidiyah
Lauwo Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur
Adapun yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini yaitu: 1)
Bagaimanakah penggunaan metode tanya jawab dalam pembelajaran aqidah akhlak di
Madrasah Aliyah Swasta Nurul Junaidiyah Lauwo 2). Bagaimanakah kreativitas berpikir
siswa di Madrasah Aliyah Swasta Nurul Junaidiyah Lauwo 3). Adakah pengaruh
penggunaan metode tanya jawab pembelajaran aqidah akhlak terhadap kreativitas berpikir
siswa di Madrasah Aliyah Swasta Nurul Junaidiyah Lauwo.
Penelitian ini mempergunakan metode penelitian deskriptif yang memberikan
gambaran melalui data valid baik yang bersumber dari pustaka maupun obyek penelitian.
Dalam menganalisis data penulis menggunakan analisis deskriptifd kualitatif yang dimulai
dari analisis data yang terhimpun kemudian bergerak ke arah pembentukan kesimpulan.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pendidikan apa saja
yang ditunjukkan oleh al-Qur’an; dan untuk penggunaan metode tanya jawab dalam
pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah Aliyah Swasta Nurul Junaidiyah Lauwo, Untuk
mengetahui kreativitas berpikir siswa di Madrasah Aliyah Swasta Nurul Junaidiyah Lauwo
dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode tanya jawab pembelajaran aqidah
akhlak terhadap kreativitas berpikir siswa di Madrasah Aliyah Swasta Nurul Junaidiyah
Lauwo.
Metode kepustakaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode library
research (penelitian pustakaan) dengan menggunakan buku sebagai rujukannya dan metode
Field research ( penelitian lapangan).
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode tanya jawab
terhadap pembelajaran aqidah akhlak dalam kreativitas berpikir siswa adalah sangat
berpengaruh besar, karena dengan metode Tanya jawab adalah merupakan metode yang
berorientasi pada pengembangan potensi berpikir kreatif siswa yang merangsang siswa
untuk berpikir dan meningkatkan partisipasi siswa di dalam kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X5.1 Akhlak (Akhlaq)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 15 May 2023 07:19
Last Modified: 15 May 2023 07:19
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6070

Actions (login required)

View Item View Item