KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PERSPEKTIF ADMINISTRASI PENDIDIKAN” (Studi Kasus pada SD Negeri 2 Mala-mala)

Dani, Irma (2011) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PERSPEKTIF ADMINISTRASI PENDIDIKAN” (Studi Kasus pada SD Negeri 2 Mala-mala). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Irmadani.pdf] Text
Irmadani.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Irmadani, 2011. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Perspektif Administrasi
Pendidikan (Studi Kasus pada SD Negeri 2 Mala-mala), Skripsi
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah
Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo. Pembimbing, 1)
Dra.Hj.Hurriyah Said., M.Sos.I. 2) Drs.H.Muh.Arief R., M.Pd.I..
Kata Kunci: Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Administrasi Pendidikan
Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang membahas tentang kepemimpinan
kepala sekolah dalam perspektif administrasi pendidikan (Studi Kasus pada SD
Negeri 2 Mala-mala). Permasalahan dalam skripsi ini adalah Bagaimana
Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Perspektif Administrasi Pendidikan di SD
Negeri 2 Mala-mala.
Adapun metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode
pengumpulan data yang di dalamnya meliputi angket, wawancara dan dokumentasi.
Untuk pengolahan data digunakan teknik induktif dari khusus ke umum, metode
deduktif dari umum ke khusus serta metode komparatif yakni membandingkan
anatara keduanya. Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana kepemimpinan
kepala sekolah dalam perspektif administrasi pendidikan.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Kepemimpinan Kepala
Sekolah dalam melaksanakan tanggung jawab sebagai pimpinan, manajer maupun
sebagai supervisor, dilakasanakan dengan tetap berpegang teguh pada sumpah
jabatan dan prinsip-prinsip kepemimpinan pendidikan, yang kemudian berimplikasi
pada peningkatan motivasi kerja tenaga kependidikan sekolah pada SD Negeri 2
Mala-mala Kabupaten Kolaka Utara. Kepemimpinan Kepala Sekolah berkorelasi dan
berpengaruh terhadap peningkatan motivasi kerja tenaga kependidikan di SD Negeri
2 Mala-mala. Walau dalam pelaksanaan tetap menghadapi beberapa kendala, yaitu
masih belum meratanya tingkat pengetahuan yang dimiliki tenaga kependidikan
sekolah. Pada bagian akhir sikripsi ini penulis ingin menyumbangkan beberapa buah
pikiran atau ide kepada pihak-pihak yang paling berkompoten dalam meningkatkan
motivasi kerja tenaga kependidikan sekolah pada SD Negeri 2 Mala-mala, khususnya
kepada kepala sekolah sebagai pihak yang paling berkompoten, yakni sebagai
berikut : Kepala Sekolah kiranya dapat terus memperbaiki dan meningkatkan
kinerjanya serta meningkatkan kemampuan manajemennya agar guru-guru atau
tenaga kependidikan dapat memiliki motivasi kerja yang tinggi dalam melaksanakan
tugas-tugas rutinnya bagi peningkatan mutu dan pelayanan pendidikan pada SD
Negeri 2 Mala-mala.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 16 May 2023 02:01
Last Modified: 16 May 2023 02:01
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6090

Actions (login required)

View Item View Item