URGENSI PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU DALAM PENINGKATAN PRESTASI SISWA SDN 55 OLANG KECAMATAN PONRANG SELATAN KABUPATEN LUWU

Irmawati, Irmawati (2011) URGENSI PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU DALAM PENINGKATAN PRESTASI SISWA SDN 55 OLANG KECAMATAN PONRANG SELATAN KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Irmawati.pdf] Text
Irmawati.pdf

Download (878kB)

Abstract

ABSTRAK
Irmawati, 2011: “Urgensi Peningkatan Profesionalisme Guru dalam Peningkatan Prestasi
Siswa SDN 55 Olang Kecamatan Ponrang Selatan Kabupaten Luwu.”
Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pembimbing
I, Drs. Syamsu S., M.Pd.I., Pembimbing II, Rahmawati, M. Ag.
Kata kunci: Profesionalisme Guru, Prestasi Siswa.
Skripsi ini membahas tentang Urgensi Peningkatan Profesionalisme Guru dalam
Peningkatan Prestasi Siswa SDN 55 Olang Kecamatan Ponrang Selatan Kabupaten Luwu.
Yang menjadi pembahasan utama penelitian ini adalah Urgensi Peningkatan
Profesionalisme Guru dalam Peningkatan Prestasi Siswa SDN 55 Olang Kecamatan
Ponrang Selatan Kabupaten Luwu. Dalam hal ini penulis ingin memperoleh data tentang
(1) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan prestasi siswa di SDN 55 Olang,
(2)Faktor-faktor apa yang menunjang proses peningkatan prestasi belajar siswa di SDN 55
Olang, (3)Apa hambatan dan peluang guru dalam peningkatan prestasi siswa di SDN 55
Olang Kecamatan Ponrang Selatan Kabupaten Luwu
Dalam konteks penelitian ini, peneliti menggunakan desain penelitian kualitatif
yang bersifat eksploratif untuk menguraikan sifat dan karakter terhadap fenomena. Jumlah
populasi keseluruhan adalah 232 siswa. Penelitian ini mengambil sampel satu kelas yakni
kelas empat dari enam tingkatan kelas. Selanjutnya dalam pengumpulan data, penulis
menggunakan cara: observasi, dokumentasi dan wawancara. Dan selanjutnya peneliti
menganalisis data yang diperoleh dengan teknik deskriptif dan teknik interpretatif.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Upaya guru dalam
meningkatkan prestasi siswa SDN 55 Olang, terlaksana dengan baik berdasarkan
kebutuhan siswa. (2) Faktor-faktor yang menunjang proses peningkatan prestasi belajar
siswa di SDN 55 Olang berjalan dengan baik. (3) Hambatan dan peluang guru dalam
pembelajaran bagi siswa SDN 55 Olang, masih mendapat kendala khususnya yang datang
dari internal dan eksternal personal guru dalam peningkatan profesinya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.12 Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 16 May 2023 03:09
Last Modified: 16 May 2023 03:09
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6091

Actions (login required)

View Item View Item