PENERAPAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH ISTIQAMAH DUSUN SALUMAKARRA KECAMATAN BUPON KABUPATEN LUWU

Tulung, Iskandar (2011) PENERAPAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH ISTIQAMAH DUSUN SALUMAKARRA KECAMATAN BUPON KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Iskandar Tulung.pdf] Text
Iskandar Tulung.pdf

Download (861kB)

Abstract

ABSTRAK
Iskandar Tulung, 2011. “Penerapan Metode Contextual Teaching and Learning
Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Istiqamah
Dusun Salumakarra Kecamatan Bupon Kabupaten Luwu” Di bawah
bimbingan (I) Drs. H. Fahmi Damang, MA (II) Drs. Baso Hasyim, M.Sos.I.
Kata Kunci : Metode CTL, Aqidah Akhlak, dan MTs. Istiqamah.
Skripsi ini menitikberatkan pada pembahasan tentang sejauh mana tingkat
penerapan metode Contextual Teaching and Learning pada mata pelajaran Aqidah
Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Istiqamah Dusun Salumakarra Kecamatan
Bupon Kabupaten Luwu.
Penelitian ini pada dasarnya disusun untuk (1) melihat lebih dalam penerapan
metode CTL pada mata pelajaran Aqidah Akhlak serta relevansi pelaksanaannya
terhadap kurikulum yang telah ditetapkan di MTs. Istiqamah Dusun Salumakarrah
Kecamatan Ponrang Kabupaten Luwu, dan (2) untuk mengidentifikasi berbagai
kendala yang dihadapi guru dalam penerapan metode CTL pada mata pelajaran
aqidah, untuk selanjutnya diberikan pesan dan saran yang solutif.
Untuk mendapatkan inti persoalan sebagaimana disebutkan di atas, penulis
menempuh metode penelitian deskriptif kuantitatif-kualitatif. Langkah yang
ditempuh antara lain: pendekatan psiko-individual kultural dan pendekatan
institusional. Sementara itu, data dikumpulkan dengan penelitian pustaka dan
penelitian lapangan.
Berdasarkan penelitian dan analisis penulis dapat disimpulkan bahwa penerapan
metode CTL pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs. Istiqamah Dusun
Salumakarrah Kecamatan Ponrang Kabupaten Luwu tergolong belum maksimal,
serta efektivitasnya bersifat relatif, dikarenakan berbagai kendala dan hambatan.
Ke depannya diharapkan agar pihak sekolah memberikan perhatian yang lebih
besar kepada guru mata pelajaran Aqidah Akhlak agar dapat mengembangkan
kompetensi mereka dalam hal kemampuan menerapkan metode CTL secara lebih
baik, serta kepada orang tua sebagai orang yang paling bertanggung jawab atas
jaminan pendidikan anaknya untuk membantu tugas guru tersebut, semestinya
membiasakan anaknya untuk berusaha menemukan kesamaan materi pelajarannya
dengan kehidupan sehari-hari di rumah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X5.1 Akhlak (Akhlaq)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 16 May 2023 07:10
Last Modified: 16 May 2023 07:10
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6095

Actions (login required)

View Item View Item