KORELASI ANTARA PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN KEPATUHAN PESERTA DIDIK PADA TATA TERTIBDI SEKOLAHMENENGAH ATAS NEGERI 2 LUWU

RAHWIL, RAHWIL (2023) KORELASI ANTARA PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN KEPATUHAN PESERTA DIDIK PADA TATA TERTIBDI SEKOLAHMENENGAH ATAS NEGERI 2 LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of RAHWIL.pdf] Text
RAHWIL.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
RAHWIL, 2023. “Korelasi Antara Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam
dengan Kepatuhan Peserta Didik pada Tata Tertib di Sekolah Menengah
Atas Negeri 2 Luwu.” Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh Dr. H. Hisban Thaha, M.Ag. dan Muhammad
Ihsan, S.Pd., M.Pd.
Skripsi ini membahas tentang Korelasi antara Prestasi Belajar Pendidikan
Agama Islam dengan Kepatuhan Peserta Didik pada Tata Tertib di Sekolah
Menengah Atas Negeri 2 Luwu. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui
gambaran prestasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik di Sekolah
Menengah Atas Negeri 2 Luwu; 2) Untuk mengetahui gambaran kepatuhan
peserta didik pada tata tertib di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Luwu; 3) Untuk
mengetahui korelasi antara prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dengan
kepatuhan peserta didik pada tata tertib di Sekolah Menengah Atas Negeri 2
Luwu.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif
deskriptif dalam bentuk correlation. Populasi penelitian ini adalah kelas XI SMA
Negeri 2 Luwu berjumlah 262 peserta didik dan pengambilan sampel
menggunakan teknik random sampling. Data diperoleh melalui dokumentasi dan
angket, kemudian data yang diperoleh dikelompokkan dengan cara menyusun
nilai prestasi belajar, menyusun nilai pengisian angket dan membuat tabulasi.
Tahap analisis data menggunakan analisis korelasi product moment.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa: 1) Prestasi belajar pendidikan
Agama Islam peserta didik di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Luwu berada
pada kategori baik dengan nilai rata-rata 83,5 dari 36 peserta didik yang dijadikan
sebagai responden, berada pada interval 80-89; 2) Kepatuhan peserta didik pada
tata tertib di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Luwu berada pada kategori patuh,
hal tersebut berdasarkan perolehan nilai skor rata-rata secara keseluruhan yaitu
3,11 yang berada pada interval 2,49 – 3,24; 3) Tdak ada korelasi antara prestasi
belajar Pendidikan Agama Islam dengan kepatuhan peserta didik pada tata tertib
di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Luwu dengan perolehan korelasi product
moment sebesar rXY 0,199 lebih kecil dari pada rtabel pada taraf signifikan 5% yaitu
rhitung < rtabel 0,329.
Kata Kunci: Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam, Tata Tertib.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 16 May 2023 23:52
Last Modified: 16 May 2023 23:52
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6100

Actions (login required)

View Item View Item