UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH SATU ATAP DATOK SULAIMAN PALOPO

SISWAN, MUHAMMAD FADHLURRAHMAN (2023) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH SATU ATAP DATOK SULAIMAN PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of MUHAMMAD FADHLURRAHMAN SISWAN.pdf] Text
MUHAMMAD FADHLURRAHMAN SISWAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Muhammad Fadhlurrahman Siwan, 2022. “Upaya Guru Pendidikan Agama
Islam dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Madrasah
Tsanawiyah Satu Atap Datok Sulaiman Palopo”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Bapak Dr. H. Hisban
Thaha M.Ag dan Bapak Muh.Agil Amin S.Pd.I, M.Pd.
Skripsi ini membahas tentang Upaya Guru Pendidikan Agama IslamDalam
Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Datok
Sulaiman Palopo. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui kondisi mutu
pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Datok Sulaiman Palopo. 2)
Untuk mengetahui apa saja upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama
Islam dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap
Datok Sulaiman Palopo. 3) Untuk mengetahui apa saja kendala dan solusi dalam
meningkatkan mutu pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Datok
Sulaiman Palopo.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang menggambarkan fakta di
lapangan. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara
(Kepala Madrasah, Guru Pendidikan Agama Islam dan Peserta didik) dan
dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan melalui reduksi data penyajian
data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kondisi mutu pembelajaran di
Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Datok Sulaiman Palopo sudah dapat dikatakan
baik dari tahun ke tahun.Hal ini terbukti dari kualitas peserta didik yang dihasilkan,
dimana peserta didiknya meraih prestasi yang cukup hebat di tingkat madrasah.
Dari segi kualitas guru pun juga mengalami peningkatan dengan mengikuti
program Pendidikan Profesi Guru 2) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam
meningkatkan mutu pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Datok
Sulaiman Palopo, diantaranya yaitu: mengembangkan kecerdasan emosional,
mengembangkan kreativitas dalam pembelajaran, mendisiplinkan peserta didik
dengan kasih sayang, membangkitkan minat belajar, mendayagunakan sumber
belajar, meningkatkan kompetensi, mengikuti perkembangan zaman dan
mengaplikasikannya, membangun keakraban antara guru dan peserta didik,
memberikan perhatian khusus kepada mata pelajaran yang akan diajarkan 3)
Kendala dan solusi dalam meningkatkan mutu pembelajaran, yaitu sarana dan
prasarana (memaksimal sarana dan prasarana yang ada), minat guru yang kurang
mengikuti pelatihan (kepala madrasah menekankan pentingnya pelatihan),
perhatian peserta didik yang kurang (guru harus lebih kreatif), akhlak peserta didik
yang kurang (menanamkan pengetahuan akhlak, memberikan tauladan yang baik).
Kata kunci: Upaya Guru, Mutu Pembelajaran, Pembelajaran di MTs, Metode
Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 16 May 2023 23:59
Last Modified: 16 May 2023 23:59
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6101

Actions (login required)

View Item View Item