PENERAPAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DALAM MATA PELAJARAN PAI DI SDN 92 KARETAN KECAMATAN WALENRANG KABUPATEN LUWU

Mathius, Jumaeti (2011) PENERAPAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DALAM MATA PELAJARAN PAI DI SDN 92 KARETAN KECAMATAN WALENRANG KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Jumaeti Matius.pdf] Text
Jumaeti Matius.pdf

Download (811kB)

Abstract

ABSTRAK
Jumaeti Mathius, Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dalam
Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada SDN 92 Karetan
Kecamatan Walenrang, Kabupaten Luwu. Skripsi Program Studi
Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama
Islam Negeri (STAIN) Palopo. Pembimbing (I) Drs. Nurdin Kaso,
M.Pd. (II). Muh. Irfan Hasanuddin, S.Ag., MA.
Kata Kunci: Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Mata
Pelajaran, Pendidikan Agama Islam SDN 92 Karetan
Skripsi ini berkenaan dengan studi mengenai penerapan Kurikulum
Berbasis Kompetensi dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dalam Mata
Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada SDN No. 92 Karetan Kecamatan
Walenrang, Kabupaten Luwu (studi perbandingan).
Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) bagaimana penerapan Kurikulum
Berbasis Kompetensi dan prestasi belajar siswa pada penerapan Tingkat
Satuan Pendidikan; (2) perbedaan yang signifikan penerapan Kurikulum
Berbasis Kompetensi dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ; (3)
Perspektif guru tentang Kurikulum Berbasis Kompetensi dan Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan di SDN 92 Karetan Kecamatan Walenrang,
Kabupaten Luwu.
Dalam konteks penelitian ini, peneliti menggunakan field research.
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain
penelitian deskriptif, kuantitatif dan kiialitatif dalam bentuk comparative.
Populasi penelitian ini terdiri atas 25 siswa SDN 92 Karetan Kecamatan
Walenrang, Kabupaten Luwu tahun pelajaran 2011/2012. Sampel yang
ditetapkan adalah 25 dengan menggunakan sampel jenuh atau sensus. Data
diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis komparasional.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada penerapan
Kurikulum Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dalam mats pelajaran
Pendidikan Agama Islam pada kelas VI SDN 92 Karetan Kecamatan
Walenrang, Kabupaten Luwu. Memberikan pengaruh yang cukup signifikan
dalam meningkatkan motivasi siswa belajar pada Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 17 May 2023 01:46
Last Modified: 17 May 2023 01:46
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6105

Actions (login required)

View Item View Item