PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP DAYA SERAP SISWA DI MTs AL FURQON NOLING KECAMATAN BUPON KABUPATEN LUWU

Jumahira, Jumahira (2011) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP DAYA SERAP SISWA DI MTs AL FURQON NOLING KECAMATAN BUPON KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Jumahirah.pdf] Text
Jumahirah.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Jumahira, 2010. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Terhadap Daya Serap
Siswa di MTs Al Furqon Noling Kecamatan Bupon Kabupaten
Luwu. Di bawah bimbingan (1) Drs. Hamzah, M.H.I (2) DR.
Muhaemin, MA
Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Daya Serap, MTs Al Furqon
Skripsi ini membahas tentang pengaruh penerapan metode pembelajaran
terhadap daya serap siswa di MTs Al Furqon Noling Kecamatan Bupon Kabupaten
Luwu. Metode pembelajaran meruapakn cara-cara guru dalam proses pembelajaran
menyangkut pengelolaan siswa di kelas.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang pengaruh
penerapan metode pembelajaran terhadap daya serap siswa di MTs Al Furqon
Noling Kecamatan Bupon Kabupaten Luwu. Sebagai unit analisis dalam penelitian
ini adalah sampel siswa MTs Al Furqan yang berjumlah 25 orang / responden.
Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan field research yakni
observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket didukung dengan library research
yakni kajian pustaka. Teknik analisis data yakni deskriptif causal untuk memperoleh
gambaran tentang Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Terhadap Daya Serap
Siswa di MTs Al Furqon Noling Kecamatan Bupon Kabupaten Luwu.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa metode pembelajaran guru
seperti membuat program pembelajaran secara sistematis, memilih metode
pengajaran dan menerapkannya secara variatif untuk mencegah kebosanan siswa,
dan membangun komunikasi dengan orang tua dan lingkungan pendidikan
berpengaruh terhadap kemampuan daya serap siswa di MTs Al Furqon Noling.
Faktor penghambat yang ditemukan adalah, faktor fasilitas belajar yang masih
minim serta kurangnya bimbingan orang tua ketika siswa kembali ke rumah masing�masing.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 17 May 2023 01:50
Last Modified: 17 May 2023 01:50
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6108

Actions (login required)

View Item View Item