STRATEGI GURU PAI DALAM MENANAMKAN KEBIASAAN MELAKSANAKAN SHALAT PADA SISWA DI SDN NO. 31 SAMPEANG KECAMATAN BAJO BARAT KABUPATEN LUWU

Jumriati, Jumriati (2011) STRATEGI GURU PAI DALAM MENANAMKAN KEBIASAAN MELAKSANAKAN SHALAT PADA SISWA DI SDN NO. 31 SAMPEANG KECAMATAN BAJO BARAT KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Jumriati.pdf] Text
Jumriati.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jumriati, 2011. Strategi Guru PAI Dalam Menanamkan Kebiasaan Melaksanakan Shalat Pada
Siswa Di SDN 31 Sampeang Kecamatan Bajo Barat Kabupaten Luwu. Skripsi
Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah STAIN Palopo.
Pembimbing I: Drs. H. Muhazzab Said, M.Si. Pembimbing II: Rahmawati, M.Ag
Kata Kunci : Strategi Guru, Kebiasaan Shalat
Skripsi ini membahas Strategi Guru PAI Dalam Menanamkan Kebiasaan
Melaksanakan Shalat Pada Siswa Di SDN 31 Sampeang Kecamatan Bajo Barat Kabupaten
Luwu, berangkat dari permasalahan yaitu: 1) Bagaimana kebiasaan Siswa di SDN No. 31
Sampeang Kecamatan Bajo Barat Kabupaten Luwu melaksanakan salat, 2) Bagaimana
strategi yang dilakukan oleh guru dalam menanamkan kebiasaan melaksanakan salat pada
Siswa di SDN No. 31 Sampeang Kecamatan Bajo Barat Kabupaten Luwu, 3) Kendala apa yang
dihadapi guru dalam menanamkan kebiasaan melaksanakan salat pada Siswa di SDN No. 31
Sampeang Kecamatan Bajo Barat Kabupaten Luwu. Tujuan Penelitian yaitu: 1) Untuk
mengetahui tingkat kebiasaan melaksanakan salat pada Siswa di SDN No. 31 Sampeang
Kecamatan Bajo Barat Kabupaten Luwu, 2) Untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh
guru dalam menanamkan kebiasaan melaksanakan salat pada Siswa di SDN No. 31
Sampeang Kecamatan Bajo Barat Kabupaten Luwu dan 3) Untuk mengetahui kendala yang
dihadapi guru dalam menanamkan kebiasaan melaksanakan salat pada Siswa di SDN No. 31
Sampeang Kecamatan Bajo Barat Kabupaten Luwu.
Untuk memperoleh data di lapangan, peneliti mengumpulkan data dengan metode
observasi, wawancara dan angket. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis dengan
teknik deduktif, induktif maupun komparatif
Hasil penelitian disimpulkan bahwa Kebiasaan shalat siswa SDN 31 Sampeang
berdasarkan data penelitian penulis tergolong cukup baik. Strategi yang dilakukan dalam
upaya peningkatan ibadah shalat bagi siswa SDN 31 Sampeng yaitu Menggunakan metode
pembelajaran yang bervariasi, Menggunakan media pembelajaran yang tepat,
Melaksanakan praktek shalat dhuhur berjamaah secara rutin, Membuat nyaman tempat
dan sarana ibadah, Mengadakan kegiatan ekstrakurikuler, Pesantren kilat di bulan
ramadhan, Memberikan motivasi pada anak dan mengadakan evaluasi. Kendala yang
dihadapi di SDN 31 Sampeang dalam menanamkan kebiasaan shalat siswa yaitu tidak ada
partisipasi aktif dari guru lain, Sebagian orangtua kurang memberikan keteladanan bagi
putra-putrinya dan beberapa siswa yang belum hafal/lancar bacaan shalat dan al-Quran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X4.12 Shalat, Sholat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 17 May 2023 01:57
Last Modified: 17 May 2023 01:57
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6109

Actions (login required)

View Item View Item