UPAYA PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN PAI PADA SISWA SDN No. 56 BASSIANG KECAMATAN PONRANG SELATAN KABUPATEN LUWU

Junnuhatisa, Junnuhatisa (2011) UPAYA PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN PAI PADA SISWA SDN No. 56 BASSIANG KECAMATAN PONRANG SELATAN KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Junnuhatisa.pdf] Text
Junnuhatisa.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Junnuhatisa, 2011. Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran PAI pada SDN No. 56
Bassiang Kecamatan Ponrang Selatan Kabupaten Luwu. Skripsi
Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI),
Pembimbing (1) Dr. Hamzah K, M.H.I., Pembimbing (2) Taqwa, S.Ag.,
M.Pd.I.
Kata Kunci: Mutu Pembelajaran PAI
Skripsi ini membahas mengenai rendahnya mutu pembelajaran PAI di SDN
No. 56 Bassiang Kecamatan Ponrang Selatan Kabupaten Luwu dengan memfokuskan
pada pertanyaan penelitian sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui kondisi
pembelajaran PAI di SDN No. 56 Bassiang Kecamatan Ponrang Selatan Kabupaten
Luwu, 2) Untuk mengetahui faktor-faktor penyebab rendahnya mutu pengajaran PAI
di SDN No. 56 Bassiang Kecamatan Ponrang Selatan Kabupaten Luwu, 3) Untuk
mengetahui langkah yang ditempuh guru dalam meningkatkan mutu pengajaran PAI
di SDN No. 56 Bassiang Kecamatan Ponrang Selatan Kabupaten Luwu
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang berbentuk deskriptif.
Kuantitatif dengan sampel sebanyak 40 orang yang diambil acak. Instrumennya
adalah angket, catatan observasi dan pedoman wawancara. Sedangkan teknik analisis
data yang digunakan adalah teknik tabulasi dan persentase dan teknik induktif dan
deduktif.
Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Kondisi pembelajaran Pendidikan Agama
Islam di Sekolah Dasar Negeri No. 56 Bassiang Kecamatan Ponrang Selatan
Kabupaten Luwu terdiri atas tiga tahap yakni perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi,
2) Faktor penyebab rendahnya mutu pembelajaran PAI di Sekolah Dasar Negeri No.
56 Bassiang Kecamatan Ponrang Selatan Kabupaten Luwu antara lain; a) kurang
Rajinnya Siswa Mengulang Pelajaran di Rumah, b) kurangnya minat belajar siswa, c)
penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat, d) kurang lengkapnya buku
perpustakaan dan media pembelajaran, 3) Upaya yang dilakukan guru antara lain: a)
meningkatkan profesionalitas guru dengan cara meningkatkan pendidikan, mengikuti
pelatihan, workshop, seminar pendidikan dan penataran, b) mengaktifkan KKG bagi
guru PAI di SDN No. 56 Bassiang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 17 May 2023 02:06
Last Modified: 17 May 2023 02:06
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6110

Actions (login required)

View Item View Item