INTERAKSI ANTARA GURU DAN SISWA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 01 BUNTU BATU

Rahmadana, Rahmadana (2011) INTERAKSI ANTARA GURU DAN SISWA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 01 BUNTU BATU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Kateni.pdf] Text
Kateni.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Rahmadana, 2011, Interaksi Antara Guru dan Siswa Dalam Proses Belajar Mengajar
pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madarasah Ibtidaiyah
Negeri (MIN) 01 Buntu Batu. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam,
Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo.
Pembimbing (1) Drs. Hasri, M.A. (2) Ratna Umar, S.Ag., M.HI.
Kata kunci : Interaksi, Proses, Belajar, Mengajar.
Skripsi ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan
mengangkat permasalahan seputar “Interaksi Antara Guru dan Siswa Dalam Proses
Belajar Mengajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madarasah
Ibtidaiyah Negeri (MIN) 01 Buntu Batu”.
Dalam penelitian ini penulis mempergunakan metode penelitian yaitu Library
Research (kepustakaan) dan Field Research (penelitian lapangan) dalam hal ini
penelitian data dalam bentuk tabulasi anket dan petikan wawancara terhadap guru dan
siswa MIN 01 Buntu Batu. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi
peranan guru dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran pendidikan agama
Islam di MIN 01 Buntu Batu serta untuk mengukur interaksi antara guru dan siswa
dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di MIN
01 Buntu Batu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi antara guru dan siswa dalam
proses belajar mengajar dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam yaitu dapat
menjalin hubungan atau kerja sama yang baik dan harmonis, berkesinambungan serta
saling mempercayai antara guru dan siswa. Peranan guru pada proses belajar
mengajar dalam pendidikan agama Islam adalah mampu membawa siswa sesuai apa
yang ingin dicapai dalam kurikulum khususnya pendidikan agama Islam serta
menjadi contoh dan panutan bagi anak didiknya di sekolah maupun di luar sekolah.
Adapun manfaatnya yakni terjalin hubungan yang baik antara guru dan siswa baik
pada saat proses belajar mengajar di dalam kelas maupun pada saat di luar kelas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 17 May 2023 02:19
Last Modified: 17 May 2023 02:19
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6114

Actions (login required)

View Item View Item