Yusuf, Mar' Atush Shalihah (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM ENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN FIKIH DI KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH DATOK SULAIMAN BAGIAN PUTRA KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Mar' Atush Shalihah Yusuf.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Mar’ Atush Shalihah Yusuf, 2014 “Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif
dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pelajaran Fikih di Kelas VI
Madrasah Ibtidaiyah Datok Sulaiman Bagian Putra Kota Palopo”.
Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah
Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo. Pembimbing (1) Dr. Syamsu
Sanusi, M.Pd.I. (2) Dra. Baderiah M.Ag.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar, Pelajaran Fikih
Pokok bahasan skripsi ini adalah bagaimana penerapan strategi pembelajaran
kooperatif dalam meningkatkan hasil belajar pada pelajaran Fikih di kelas VI
Madrasah Ibtidaiyah Datok Sulaiman Bagian Putra Kota Palopo, adapun tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran kooperatif
dalam meningkatkan hasil belajar pada pelajaran Fikih di kelas VI Madrasah
Ibtidaiyah Datok Sulaiman Bagian Putra Kota Palopo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian
yang menggambarkan fakta atau gejala dengan cara mengumpulkan informasi dengan
diuraikan dalam bentuk kata-kata atau narasi. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan strategi pembelajaran
kooperatif pada pembelajaran Fikih di Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Datok
Sulaiman Bagian Putra Kota Palopo menunjukkan bahwa, dengan diterapkannya
strategi pembelajaran kooperatif ini, siswa diarahkan untuk belajar hidup bersama,
sehingga mampu berperan serta dan bekerjasama dengan orang lain dalam semua
kegiatan, saling bertukar pikiran, dan saling bersosialisasi. (2) upaya yang dilakukan
oleh guru dalam meningkatkan hasil belajar Fikih pada kelas VI Madrasah Ibtidaiyah
Datok Sulaiman Bagian Putra Kota Palopo, diantaranya dengan mengintensifkan
pertemuan, menyuruh siswa ke depan kelas untuk mempraktikkan shalat, memotivasi
siswa untuk shalat berjamaah.
Implikasi dalam penelitian ini yaitu hendaknya senantiasa meningkatkan
kompetensi mereka dalam penguasaan dan pengajian materi, agar para peserta didik
memahami dengan baik apa yang telah diajarkan, memberi semangat, nasehat
sebelum memulai pelajaran dan tak kalah pentingnya adalah memiliki kepribadian
dan hendaknya pula dalam proses pembelajaran guru berusaha menciptakan suasana
belajar efektif dan menyenangkan bagi semua siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 17 May 2023 03:06 |
Last Modified: | 17 May 2023 03:06 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6117 |
Actions (login required)
View Item |