PENGARUH KEWIBAWAAN GURU TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 1 SABBANG KABUPATEN LUWU UTARA

Masdayanti, Masdayanti (2011) PENGARUH KEWIBAWAAN GURU TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 1 SABBANG KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Masdayanti.pdf] Text
Masdayanti.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Masdayanti, 2011. “Pengaruh Kewibawaan Guru terhadap Efektivitas
Pembelajaran di SMP Negeri 1 Sabbang Kabupaten Luwu Utara”. Skripsi
Pendidikan Agama Islam (PAI), Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri
(STAIN) Palopo Pembimbing (I) Dr. Hamzah K., M.H.I., dan Pembimbing
(II) Munir Yusuf, S.Ag., M.Pd.
Kata Kunci : Kewibawaan Guru, Efektivitas Pembelajaran

Skripsi ini membahas tentang pengaruh kewibawaan guru terhadap
efektivitas pembelajaran di SMP Negeri 1 Sabbang Kabupaten Luwu Utara. Masalah
pokok dalam penelitian ini adalah; (1) Gambaran proses pembelajaran di SMP Negeri
1 Sabbang dan (2) Pengaruh kewibawaan terhadap efektivitas pembelajaran di SMP
Negeri 1 Sabbang, dimana dalam penelitianini memadukan berbagai macam metode
dalam penelitian dikaji dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan
pada saat penelitian dilakukan para responden perlu memiliki persepsi, penghayatan,
pengalaman dan penilaian tertentu yang merefleksikan persepsi tersebut terhadap
semua aspek kegiatan di sekolah.
Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dalam berbagai
macam alternatif jawaban dari objek yang dikaji, yakni observasi, interview, angket
dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis secara kualitatif dengan
menggunakan tabel-tabel sederhana kemudian dijadikan acuan dasar untuk
menganalisa secara kualitatif terhadap suatu permasalahan yang telah dirumuskan
sebelumnya dan memberikan gambaran mengenai pengaruh kewibawaan guru
terhadap efektivitas pembelajaran dan hasil analisis berbentuk tabel frekuensi dan
tabel persentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagai pengajar, guru harus
memiliki tujuan yang jelas, membuat keputusan secara rasional agar siswa memahami
keterampilan yang dituntut oleh pembelajaran. Untuk kepentingan tersebut, perlu
dibina hubungan yang positif antara guru dengan siswa. Hubungan ini menyangkut
bagaimana guru merasakan apa yang dirasakan siswanya dalam pembelajaran, serta
bagaimana siswa merasakan apa yang dirasakan gurunya. Sebaiknya guru mengetahui
bagaimana siswa memandangnya, karena hal tersebut sangat penting dalam
pembelajaran, baik di sekolah maupun di luar sekolah. Hal ini akan menjadi jelas jika
secara hati-hati menguji bagaimana guru merasakan apa yang dirasakan siswa dalam
pembelajaran (empati).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 17 May 2023 05:44
Last Modified: 17 May 2023 05:44
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6122

Actions (login required)

View Item View Item