PEMBINAAN PROFESIONALISME GURU MELALUI KELOMPOK KERJA GURU ( KKG ) DI SD NEGERI 229 LAMUNRE KECAMATAN BELOPA UTARA KAB. LUWU

Mawar, Mawar (2011) PEMBINAAN PROFESIONALISME GURU MELALUI KELOMPOK KERJA GURU ( KKG ) DI SD NEGERI 229 LAMUNRE KECAMATAN BELOPA UTARA KAB. LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Mawar.pdf] Text
Mawar.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Mawar, 2011, Pembinaan Profesionalisme Guru Melalui Kelompok Kerja Guru
(KKG) di SDN 229 Lamunre Kec. Belopa Utara Kab. Luwu. Skripsi
Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah Sekolah
Tinggi Agama Isklam Negeri (STAIN) Palopo Pembimbing (1) Drs.
H. Bulu K, M.Ag. (2) Munir Yusuf, S.Ag. M.Pd.
Kata Kunci : Pembinaan, Profesionalisme guru, KKG.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana pelaksanaan
kegiatan KKG dikalangan guru SDN 229 Lamunre; (2) Bagaimana upaya-upaya yang
dilakukan di SDN 229 Lamunre dalam peningkatan mutu dan profesionalisme guru;
(3) Hambatan-hambatan apa saja yang dialami dalam pelaksanaan KKG dan
peningkatan mutu dan profesionalisme guru.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat
deskriptif, sehingga dalam menganalisis data penulis menggunakan metode deskriptif
kualitatif. Adapun metode pengumpulan data penulis menggunakan pengamatan
berperan serta (observasi), metode wawancara, dan metode angket. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan KKG (Kelompok Kerja Guru) yang
dilaksanakan di SDN 229 Lamunre dilaksanakan dalam dua kelompok yaitu kelas
awal yang terdiri dari guru Kelas I sampai kelas III dan kelas tinggi terdiri dari guru
kelas IV-VI. Sasaran pokok dari kegiatan KKG adalah penguasaan kurikulum,
penguasaan materi ajar, penguasaan metode dan tekhnik evaluasi, dan komitmen guru
terhadap tugas.
Adapun upaya-upaya yang dilakukan dalam kegiatan KKG (Kelompok Kerja
Guru) untuk meningkatkan profesionalisme guru di SDN 229 Lamunre adalah
melalui penataran, rapat rutin di sekolah, pengawasan dari kepala sekolah atas kinerja
guru dan penerapan disiplin dalam bekerja. Disamping itu pula secara internal para
guru berupaya belajar, melanjutkan pendidikan, mengadakan evaluasi diri dan
mengikuti kegiatan KKG sebagai kegiatan rutin setiap bulan.
Hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan KKG di
SDN 229 Lamunre berupa faktor keterbatasan sarana prasarana pendukung dan
faktor internal guru yang meliputi; tingkat pendidikan guru, masa mengajar, dan
kesesuaian jurusan pendidikan dengan meteri yang diajarkan di SDN 229 Lamunre.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.12 Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 17 May 2023 06:18
Last Modified: 17 May 2023 06:18
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6125

Actions (login required)

View Item View Item