PENERAPAN PENDEKATAN PERSUASIF GURU PAI DALAM MENINGKATKAN PENGHAYATAN DAN PENGAMALAN AJARAN ISLAM PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH PALOPO

Daud, Mirnawati (2013) PENERAPAN PENDEKATAN PERSUASIF GURU PAI DALAM MENINGKATKAN PENGHAYATAN DAN PENGAMALAN AJARAN ISLAM PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Mirnawati Daud.pdf] Text
Mirnawati Daud.pdf

Download (1MB)

Abstract

A B S T R A K
Mirnawati Daud, 2012, Penerapan Pendekatan Persuasif Guru PAI dalam
Meningkatkan Penghayatan dan Pengamalan Ajaran Islam pada Siswa
kelas VIII SMP Muhammadiyah Palopo.
Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah,
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo. Drs. Hasri, MA.,
selaku pembimbing I, dan Hj. Fauziah Zainuddin, S.Ag., M.Ag., selaku
pembimbing II
Kata Kunci : penerapan pendekatan persuasif, guru, penghayatan dan
pengamalan siswa, ajaran islam
Skripsi ini membahas tentang penerapan pendekatan persuasif yang
dilakukan oleh guru PAI dalam membina hubungan kejiwaan dan emosional
dengan siswa. Dari hubungan tersebut diharapkan dapat bermanfaat bagi
peningkatan penghayatan dan pengamalan siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah
Palopo terhadap ajaran Islam.
Penelitian ini adalah penelitian diskriptif kualitatif dan deskriptif
kuantitatif. Sedangkan metode yang digunakan dalam teknik pengumpulan data
yaitu observasi, dokumentasi, dan interview dan angket. Dengan metode ini
diharapkan memperoleh data yang dibutuhkan dalam penelitian, sehingga
memperoleh data-data yang konkrit yang sesuai dengan kebutuhan dalam
penelitian yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah Palopo. Sampel dalam
penelitian ini yaitu 32 siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Palopo, Kepala
Sekolah, guru PAI, dan guru BP.
Dari hasil penelitian yang dilakukan di SMP Muhammadiyah Palopo dapat
disimpulkan bahwa Untuk menerapkan pendekatan persuasif dalam meningkatkan
penghayatan dan pengamalan siswa, maka guru melakukan langkah-langkah
yaitu: 1) Membuat program pengajaran dan kegiatan agama, 2) Membuat program
mingguan dan harian yang meliputi pengadaan training atau pelatihan, pengajian
sekali sepekan, membiasakan siswa kultum setelah shalat duhur, membaca Al�Qur’an sebelum memulai pelajaran, dan memberikan pencerahan-pencerahan
kepada siswa sebelum memasuki materi, 3) Mengefektifkan program bimbingan
dan konseling, 4) Menampilkan keteladanan guru kepada siswa, 5) Islamisasi
kultur sekolah, dan 6) Mengubah kebiasaan siswa.
Penerapan persuasif guru mempunyai pengaruh yang cukup besar
terhadap proses belajar mengajar terutama dalam meningkatkan penghayatan dan
pengamalan siswa terhadap ajaran Islam. Sebab dengan adanya pendekatan ini,
tercipta perubahan sikap, munculnya motivasi belajar dan penghayatan siswa,
serta meningkatkan pengamalan siswa terhadap ajaran Islam. Dengan demikian
psikologi pendidikan serta pendekatan penting untuk dimiliki dan diterapkan oleh
setiap guru atau pendidik guna meningkatkan kualitas hasil pendidikan yang lebih
baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 17 May 2023 06:54
Last Modified: 17 May 2023 06:54
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6128

Actions (login required)

View Item View Item