UPAYA GURU MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 277 SAMBIREJO KECAMATAN LAMASI KABUPATEN LUWU

Muhtar, Muhtar (2014) UPAYA GURU MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 277 SAMBIREJO KECAMATAN LAMASI KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Muhtar.pdf] Text
Muhtar.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Muhtar, 2014 “Upaya Guru Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik
Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN 277 Sambirejo
Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu”. Jurusan Tarbiyah Program Studi
Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN)
Palopo. Pembimbing:
(I) Dra. Helmi Kamal, M.HI
(II) Hj. A. Sukmawati Assaad, S.Ag., M. Pd.
Kata Kunci: Konsentrasi Belajar, Peserta Didik, Mata Pelajaran PAI.
Adapun yang menjadi pokok skripsi ini adalah: 1) Bagaimana konsentrasi
belajar peserta didik di SDN 277 Sambirejo Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu, 2)
Faktor apa yang menghambat konsentrasi belajar peserta didik di SDN 277 Sambirejo
Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu, 3) Bagaimanakah upaya guru dalam
meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik di SDN 277 Sambirejo Kecamatan
Lamasi Kabupaten Luwu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif
yang menganalisa data secara mendalam berdasarkan angka/persentase.
Adapun hasil penelitian yakni: 1. Konsentrasi Belajar Peserta Didik Di SDN
277 Sambirejo Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu masih rendah, 2. Faktor yang
Menghambat Konsentrasi Belajar Peserta Didik di SDN 277 Sambirejo Kecamatan
Lamasi Kabupaten luwu yaitu: a. Faktor masalah dari rumah, b. Faktor sarana dan
prasarana, c. Metode yang digunakan membosankan, d. Faktor Lingkungan. 3. Upaya
Guru Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik Di SDN 277 Sambirejo
Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu meliputi: a. Membantu menyelesaikan masalah
peserta didik dengan berkomunikasi dengan orang tuanya, b. Mengadakan perbaikan
saran dan prasaran dengan mengajukan permohonan kepada pemerintah daerah, c.
Mengadakan kegiatan dalam rangka meningkatkan penggunaan metode pembelajaran
seperti workshop manajemen penggunaan metode pembelajaran, manajemen kelas
dan lain sebagainya, d. Meminimalisir pengaruh dari luar dengan cara memberikan
aturan kepada siswa untuk tidak membuat keributan pada saat kelas lainnya sedang
belajar, serta mengadakan pertemuan dengan warga untuk membahas masalah
keributan yang dapat mengganggu suasana konsentrasi siswa pada saat proses belajar
mengajar, e. Berusaha memahami kondisi atau karakter peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 22 May 2023 00:19
Last Modified: 22 May 2023 00:19
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6139

Actions (login required)

View Item View Item