APLIKASI MANAJEMEN KELAS BAGI GURU DI SDN NO. 161 LAMPUAWA KECAMATAN SUKAMAJU KABUPATEN LUWU UTARA

Muriadin, Muriadin (2011) APLIKASI MANAJEMEN KELAS BAGI GURU DI SDN NO. 161 LAMPUAWA KECAMATAN SUKAMAJU KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Muriadin.pdf] Text
Muriadin.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Muriadin, 2011. Aplikasi Manajemen Kelas bagi Guru PAI di SDN No. 161
Lampuawa Kecamatan Sukamaju Kabupaten Luwu Utara. Skripsi
Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI),
Pembimbing (1) Drs. Hasri, M.A., Pembimbing (2) Hj. A.
Sukmawati Assad, S.Ag., M.Pd.
Kata Kunci: Manajemen Kelas, Aplikasi Manajemen Kelas, Guru PAI
Skripsi ini membahas mengenai pengaplikasian manajemen kelas bagi guru di
SDN No. 161 Lampuawa kecamatan Sukamaju Kabupaten Luwu Utara. Penelitian ini
mengangkat rumusan masalah 1) Bagaimana penerapan manajemen kelas di SDN No.
161 Lampuawa Kecamatan Sukamaju Kabupaten Luwu Utara? 2) Bagaimana
implikasi penerapan manajemen kelas di SDN No. 161 Lampuawa Kecamatan
Sukamaju Kabupaten Luwu Utara?
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang berbentuk deskriptif�kualitatif dengan menjadikan seluruh guru dan siswa SDN No. 161 Lampuawa
sebagai populasi. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 70 sampel
siswa dengan menggunakan sampel acak (random sampling) dan sampel guru
sebanyak 11 dengan menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan
dalam penelitan ini adalah angket, catatan observasi dan pedoman wawancara.
Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik tabulasi dan persentase
dan teknik induktif dan deduktif.
Hasil penelitian sebagai berikut 1) Penerapan manajemen kelas di SDN No.
161 Lampuawa Kecamatan Sukamaju Kabupaten Luwu Utara sebagai usaha yang
diarahkan untuk mewujudkan suasana belajar mengajar yang efektif, menguntungkan
serta dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari segi
kualitas dan prestasi belajar murid-murid dan keaktifan para pendidik. Penerapan
manajemen kelas bagi guru antara lain berupa; a) melakukan pengawasan terhadap
aktifitas siswa pada saat proses pembelajaran, b) pembagian murid ke dalam
kelompok-kelompok belajar, c) melakukan persiapan sebelum mengajar (membuat
RPP), d) menata ruang kelas, e) membuat rancangan penetapan standar keberhasilan
belajar, f) mengevaluasi siswa pada saat proses pembelajaran. 2) Implikasi penerapan
manjemen kelas yakni; a) siswa mengikuti proses pembelajaran tepat waktu, b) siswa
merasa nyaman dalam belajar sehingga proses belajar kondusif, niai hasil belajar
meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Karya Umum, Komputer, informasi dan referensi umum > 005.5 Program Aplikasi dengan Kegunaan Khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 22 May 2023 00:40
Last Modified: 22 May 2023 00:40
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6145

Actions (login required)

View Item View Item