MANFAAT EVALUASI BELAJAR PADA SEMUA MATA PELAJARAN DALAM MELIHAT TINGKAT KEBERHASILAN PEMBELAJARAN PADA SISWA SMP ISLAM USWATUN HASANAH KEC. WOTU

Mas'ud, Mustafa (2011) MANFAAT EVALUASI BELAJAR PADA SEMUA MATA PELAJARAN DALAM MELIHAT TINGKAT KEBERHASILAN PEMBELAJARAN PADA SISWA SMP ISLAM USWATUN HASANAH KEC. WOTU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Mustafa Mas'ud.pdf] Text
Mustafa Mas'ud.pdf

Download (1MB)

Abstract

A B S T R A K
Mustafa Mas’ud, 2011, Manfaat Evaluasi Belajar Pada Semua Mata Pelajaran
dalam Melihat Tingkat Keberhasilan Pembelajaran pada Siswa SMP Islam
Uswatun Hasanah Kec. Wotu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama
Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN)
Palopo. Pembimbing (I) Dra. Nursyamsi, M.Pd.I. (II) Hj. A. Sukmawati
Assaad, S.Ag., M.Pd.
Kata kunci : Manfaat evaluasi belajar, Tingkat Keberhasilan Pembelajaran.
Skripsi ini berjudul manfaat evaluasi belajar pada Semua Mata Pelajaran
dalam Melihat Tingkat Keberhasilan Pembelajaran pada Siswa SMP Islam Uswatun
Hasanah Kec. Wotu. yang membahas tentang usaha guru dalam menerapkan evaluasi
belajar untuk meningkatkan keberhasilan pada proses pembelajaran dengan rumusan
masalah bagaimana manfaat evaluasi belajar, upaya guru dalam menerapkan evaluasi
belajar serta faktor penghambat dalam menerapkan evaluasi belajar.
Penelitian ini bersifat kuantitatif deskriptif dengan mengambil populasi adalah
semua siswa SMP Islam Uswatun Hasanah yang berjumlah 77 orang, dalam
penarikan sampel peneliti menggunakan sampel random yaitu pengambilan sampel
secara acak dengan mengambil sampel kepala sekolah, guru sebanyak 2 orang dan
siswa kelas VIII sebanyak 35 orang. Masalah penelitian diteliti dengan menggunakan
teknik pengumpulan data, yakni penelitian kepustakaan, yaitu teknik pengumpulan
data dengan mengumpulkan literatur yang ada kaitannya dengan penelitian ini
sebagai dasar teorinya. Penelitian lapangan, adalah cara mengumpulkan data dengan
melakukan penelitian secara langsung kelokasi penelitian yang telah ditentukan
dengan cara: observasi, interview, dan dokumentasi.
Evaluasi belajar merupakan salah satu instrumen untuk meningkatkan kualitas
belajar dan hasil belajar siswa, sehingga evaluasi belajar sangat bermanfaat untuk
diaplikasikan pada proses pendidikan. Adapun manfaat evaluasi belajar ialah. Dapat
mengukur tingkat kemampuan siswa, dapat memotivasi siswa agar lebih giat belajar,
dapat memaksimalkan hasil yang diperoleh siswa. Evaluasi belajar dapat membantu
siswa untuk meningkatkan kualitas dan prestasi belajar siswa dan hal ini dapat
digambarkan melalui persentase yang diperoleh melalui penyebaran angket yang
diberikan siswa sebagai sampel pada penelitian ini.
Guru SMP Islam Uswatun Hasanah sebagai pengajar sekaligus pendidik
berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui
evaluasi belajar. Adapun usaha guru antara lain: melakukan evaluasi disetiap selesai
pembelajaran, melakukan evaluasi setiap bulan atau setiap bab pada buku panduan,
melakukan evaluasi pada pertengahan dan akhir semester, guru mensinergikan antara
materi pembelajaran dan bahan evaluasi yang diberikan kepada siswa, memberikan
nilai sesuai dengan prosedur penilaian, mengevaluasi semua aspek yang dibutuhkan
dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 22 May 2023 00:45
Last Modified: 22 May 2023 00:45
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6147

Actions (login required)

View Item View Item