KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN ANGGOTA MAJELIS TA’LIM NURUL HUDA DESA ARGOMULYO KECAMATAN KALAENA KABUPATEN LUWU TIMUR

Mutini, Mutini (2011) KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN ANGGOTA MAJELIS TA’LIM NURUL HUDA DESA ARGOMULYO KECAMATAN KALAENA KABUPATEN LUWU TIMUR. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Mutini.pdf] Text
Mutini.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Mutini, 2011, “Meningkatkan Kemampuan Membaca al-Qur’an Anggota Majelis
Ta’lim Nurul Huda Desa Argomulyo Kecamatan Kalaena Kabupaten Luwu Timur”,
Skripsi Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) STAIN
Palopo. Pembimbini (I) Drs. H.M. Thayyib Kaddase, M.H. Pembimbing (II) Drs.
Mardi Takwim, M.H.I.
Kata Kunci: Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Anggota Majelis Taklim
Skripsi ini membahas mengenai peran guru agama dalam meningkatkan
kemampuan membaca anggota Majelis Ta’lim Nurul Huda desa Argomulyo
Kecamatan Kalaena Kabupaten Luwu Timur. Fokus penelitian ini dikhususkan pada:
1) Bagaimana kemampuan membaca al-Qur’an anggota majelis Taklim Nurul Huda
di desa Argomulyo, 2) Bagaimana metode mengajar guru agama di majelis taklim
Nurul Huda di desa Argomulyo Kecamatan Kalaena, 3) Bagaimana hambatan yang
dihadapi guru agama dalam rangka meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an
anggota majelis Taklim Nurul Huda di desa Argomulyo Kecamatan Kalaena.
Peneliti menggunakan desain penelitian desk sayriptif kuantitatif dengan
mengambil sampel sebanyak 60 orang anggota Majelis Ta’lim Nurul Huda. Adapun
instrument yang digunakan adalah angket penelitian, pedoman wawancara serta
observasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan tekhnik persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan membaca al-Quran
responden dari anggota Majelis Taklim Nurul Huda Argomulyo Kecamatan Kalaena
Kabupaten Luwu Timur masih perlu ditingkatkan. Data yang diperoleh di lapangan
menunjukkan bahwa dari 60 responden yang diteliti terdapat 8 responden (13,33%)
yang sudah lancar membaca, 25 orang (41,67%) yang kemampuannya sedang-sedang,
dan 27 responden (45%) yang belum bisa membaca al-Quran. 2) Penerapan metode
IQRA dalam mengajarkan cara membaca al-Quran pada anggota Majelis Taklim
Nurul Huda Argomulyo Kecamatan Kalaena Kabupaten Luwu Timur antara lain
yakni; a) guru agama bertindak sebagai penyimak saja (sistem CBSA) yakni
memberikan kesempatan kepada responden untuk lebih aktif membaca al-Quran, b)
guru agama (guru mengaji) menyimak secara perorangan (privat) cara membaca
responden. Guru dalam hal ini mempunyai banyak waktu dan kesempatan untuk
mengoreksi bacaan responden apakah benar atau salah, c) asistensi dengan cara
memberi kesempatan responden yang mampu untuk berpartisipasi membimbing para
anggota lain yang belum bisa membaca al-Qur’an. 3) Hambatan guru agama (guru
mengaji) dalam menerapkan metode IQRA dalam mengajar responden anggota
Majelis Taklim Argomulyo Kecamatan Kalaena Kabupaten Luwu Timur dalam
membaca al-Quran yakni; a) motivasi dan minat belajar responden tidak merata, b)
tidak meratanya motivasi dan minat responden yang diajar, c) waktu yang tidak
cukup, d) kelas yang cukup besar, e) tingkat keaktivan responden yang tidak merata.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X1 Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 22 May 2023 00:57
Last Modified: 22 May 2023 00:57
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6149

Actions (login required)

View Item View Item