PENGARUH KEMAMPUAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA DI SMP NEGERI 1 BUA PONRANG KABUPATEN LUWU

Makmur, Nirwana (2011) PENGARUH KEMAMPUAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA DI SMP NEGERI 1 BUA PONRANG KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Nirwana Makmur.pdf] Text
Nirwana Makmur.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Makmur, Nirwana, 2011. “Pengaruh Kemampuan Guru dalam Penelolaan Kelas
Terhadap Peningkatan Kedisiplinan Siswa SMP Negeri 1 Bua Ponrang
Kabupaten Luwu”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam,
Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo.
Pembimbing (I) Dr. Hamzah K., M.H.I. dan Pembimbing (II) Drs. Nurdin
K., M.Pd.
Kata Kunci : Guru, Pengelolaan Kelas, Kedisiplinan, Siswa
Skripsi ini membahas tentang pengaruh kemampuan guru dalam mengelola
kelas terhadap peningkatan kedisiplinan siswa SMP Negeri 1 Bua Ponrang
Kabupaten Luwu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara jelas mengenai
kemampuan guru dalam mengelola kelas dan pengaruhnya terhadap peningkatan
kedisiplinan siswa di SMP Negeri 1 Bua Ponrang Kabupaten Luwu.
Sebagai acuan dasar pembahasan terdapat tiga permasalahan utama yaitu : 1)
Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola kelas di SMP Negeri 1 Bua Ponrang
Kabupaten Luwu. 2) Strategi apa yang diterapkan oleh guru dalam mendisiplinkan
siswanya dan 3) Bagaimana pengaruh kemampuan guru dalam pengelolaan kelas
terhadap kedisiplinan siswa di SMP Negeri 1 Bua Ponrang Kabupaten Luwu.
Masalah tersebut dibahas dengan menggunakan metode library research dan
field research dengan menggunakan instrumen penelitian wawancara, observasi,
angket, dokumentasi. Kemudian dianalisis datanya digunakan teknik deduktif
induktif dan persentase.
Kemampuan guru atau tenaga pengajar yang ada di SMP Negeri 1 Bua
Ponrang Kabupaten Luwu sudah cukup baik dan tingkat kedisiplinan yang dimiliki
oleh siswa sudah cukup tinggi. Hal ini dapat dilihat dari tingginya kesadaran mereka
terhadap aspek-aspek ketepatan waktu dalam kehadiran dan kepulangan, kerapian
dalam berpakaian, selalu mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, selalu menjaga
kebersihan kelas dan sekolah, dan tidak melakukan aktivitas yang mengganggu
proses belajar mengajar.
Strategi yang diterapkan oleh guru mendisiplinkan siswanya adalah
keteladanan, pemberian hukuman, dan pengawasan melekat. Kemampuan guru dalam
kelas sangat berpengaruh terhadap kedisiplinan siswa di SMP Negeri 1 Bua Ponrang
Kabupaten Luwu, hal ini terbukti karena para siswa mampu merealisasikan dalam
kehidupannya sehari-hari.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.12 Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 22 May 2023 01:53
Last Modified: 22 May 2023 01:53
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6156

Actions (login required)

View Item View Item