PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI ) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SDN NO. 144 SALUBONGKO KECAMATAN MALANGKE BARAT KABUPATEN LUWU UTARA

Nuraidi, Nuraidi (2010) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI ) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SDN NO. 144 SALUBONGKO KECAMATAN MALANGKE BARAT KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Nuraidi.pdf] Text
Nuraidi.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Nuraidi, 2010, “Peranan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Meningkatkan
Prestasi Belajar Siswa di SDN No. 144 Salubongko Kecamatan Malangke
Barat Kabupaten Luwu Utara”. Skripsi Jurusan Tarbiyah, Program Studi
Pendidikan Agama Islam (PAI). Pembimbing (I) Dra. St. Marwiyah, M.Ag.,
(II) Drs. Nurdin K., M.Pd.
Kata Kunci : Peranan Guru, Pendidikan Agama Islam, Prestasi Belajar,
SDN No. 144 Salubongko
Skripsi ini membahas peranan guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam
meningkatkan prestasi belajar siswa di SDN No. 144 Salubongko kecamatan
Malangke Barat kabupaten Luwu Utara, yaitu dengan terlaksananya suatu program
pendidikan dengan baik dalam suatu lembaga pendidikan sangat tergantung dari
keadaan guru dan siswanya, karena mustahil program pendidikan tersebut dapat
berjalan dengan baik jika salah satu diantaranya tidak ada. Karena itu kedua
unsur (guru dan siswa) tersebut tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya dalam
proses belajar mengajar, khususnya di sekolah sebagai lembaga formal.
Keberhasilan program pendidikan dalam hal ini potensi lulusannya tidak
hanya ditentukan oleh pembinaan program, tetapi juga oleh para penggunaan lulusan
dan masyarakat. Pada umumya, sikap seorang guru profesional menunjukkan sikap
sadar tujuan karena dalam melaksanakan sesuatu ia harus mengetahui mengapa dan
untuk apa sesuatu itu dilakukan. Oleh sebab itu, dalam melaksanakan tugasnya
sebagai pengajar, ia harus merumuskan apa yang ingin dicapai dalam proses belajar
mengajar dalam bentuk tujuan umum dan tujuan khusus pengajaran.
Oleh karena itu, setiap rencana kegiatan guru harus dapat didudukkan dan
dibenarkan semata-mata demi kepentingan anak didik sesuai dengan profesi dan
tanggung jawabnya dan mampu menjabarkan fungsi dan perannya yang meliputi
sebagai: (1) Informator, (2) Organisator, (3) Motivator, (4) Pengarah atau direktor, (5)
Inisiator, (6) Transmitter, (7) Fasilitator, (8) Mediator, (9) Evaluator

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 22 May 2023 02:08
Last Modified: 22 May 2023 02:08
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6159

Actions (login required)

View Item View Item