SUGESTI SEBAGAI ALAT PENDIDIKAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANAK DI SDN NO. 229 LAMUNRE KEC. BELOPA KABUPATEN LUWU

Nurhayana, Nurhayana (2011) SUGESTI SEBAGAI ALAT PENDIDIKAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANAK DI SDN NO. 229 LAMUNRE KEC. BELOPA KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Nurhayana.pdf] Text
Nurhayana.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurhayana, 2011, “Sugesti Sebagai Alat Pendidikan dan Pengaruhnya Terhadap
Prestasi Belajar Siswa di SDN No. 229 Lamunre Kec. Belopa Kabupaten
Luwu.” Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah.
Pembimbing (I) Drs. H. Syarifuddin Daud, M.A. (II) Munir Yusuf,
S.Ag.,M.Pd.
Kata Kunci : Sugesti, prestasi belajar.
Skripsi ini membahas tentang sugesti sebagai alat pendidikan dan
pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa di SDN No. 229 Lamunre Kec. Belopa
Kabupaten Luwu. Adapun rumusan masalah dan ruang lingkup penelitian yaitu:
bagaimana konsep sugesti sebagai alat pendidikan dan Sejauh mana pengaruh sugesti
terhadap prestasi belajar siswa di SDN. No. 229 Lamunre Kec. Belopa Kabupaten
Luwu.
Dalam proses penyusunannya digunakan metode library research, dan metode
field research, yakni pengambilan melalui observasi, interview dan penyebaran
angket dan dokumentasi. Jumlah populasi dalam penelitian ini 135 siswa. Adapun
yang menjadi objek penelitian adalah siswa SDN No. 229 Lamunre Kec. Belopa
Kabupaten Luwu. sebanyak 45 orang siswa, dan guru PAI sebanyak 2 orang. Tekhnik
pengambilan sampel berdasarkan purposive sampling technique, yaitu pengambilan
sampel berdasarkan tujuan yang ingin di capai.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh mencerminkan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan antara sugesti dan prestasi belajar siswa, di mana
penguasaan materi siswa baik dan prestasi siswa meningkat. Hal tersebut dapat dilihat
berdasarkan jawaban responden melalui angket yang dibagikan menunjukkan
presentase rata-rata menjawab “ya” 75,6% atau 76%, dan yang menjawab “kadang�kadang” yaitu 23,6% atau 24%, sementara yang menjawab tidak hanya mencapai 4%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 22 May 2023 05:50
Last Modified: 22 May 2023 05:50
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6172

Actions (login required)

View Item View Item