STUDI TENTANG KECENDERUNGAN MASYARAKAT PETANI TERHADAP KELANJUTAN PENDIDIKAN ANAK DI DESA TOBEA KECAMATAN PONRANG SELATAN KABUPATEN LUWU

Rahmawati, Rahmawati (2011) STUDI TENTANG KECENDERUNGAN MASYARAKAT PETANI TERHADAP KELANJUTAN PENDIDIKAN ANAK DI DESA TOBEA KECAMATAN PONRANG SELATAN KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Rahmawati.pdf] Text
Rahmawati.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Rahmawati, 2011, “Studi Tentang Kecenderungan Masyarakat Petani Terhadap
Kelanjutan Pendidikan Anak di Desa Tobea Kec. Ponrang Selatan
Kab. Luwu”, Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan
Tarbiyah. Pembimbing (I) H. Ismail Yusuf, Lc., M.Ag., dan
Pembimbing (II) Ilham, S.Ag., M.A.
Kata Kunci : Masyarakat Petani, Pendidikan Anak
Skripsi ini membahas tentang studi tentang kecenderungan masyarakat
petani terhadap kelanjutan pendidikan anak di Desa Tobea Kec. Ponrang Selatan Kab.
Luwu, dimana dalam penelitian ini membahas permasalahan kecenderungan
masyarakat petani terhadap pendidikan anak di Desa Tobea Kecamatan Ponrang
Selatan Kabupaten Luwu, kendala dan upaya bagi masyarakat petani terhadap
kelanjutan pendidikan anak di Desa Tobea Kecamatan Ponrang Selatan Kabupaten
Luwu.
Dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data : a).
Observasi, yaitu teknik pengumpulan data yang dilakukan di lapangan dengan jalan
pengamatan dan pencatatan, b). Interview, yaitu suatu teknik pengumpulan data
dengan jalan mengadakan wawancara atau tanya jawab kepada pihak-pihak yang
terkait sebagai informan di dalam memberi data, dan c). Angket, yaitu teknik
pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau
pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawab. Kemudian selanjutnya
keseluruhan data tersebut dianalisis secara deskriptif yaitu data yang dikumpulkan
dan diolah secara kualitatif dengan menggunakan tabel-tabel sederhana kemudian
hasil olahan tersebut dijadikan acuan dasar untuk menganalisa secara kualitatif
terhadap suatu permasalahan yang telah dirumuskan sebelumnya dan memberikan
gambaran mengenai tingkat pendapatan orang tua terhadap keberhasilan peserta didik
dan hasil analisis berbentuk tabel frekuensi dan tabel persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi ekonomi para orang tua serta
tingkat pendidikan orang tua adalah faktor yang sangat mendasar dalam proses
pembelajaran bagi peserta didik, sebab tanpa dibarengi kondisi ekonomi para orang
tua maka sangat mustahil peserta didik akan mencapai prestasi. Selain itu situasi dan
kondisi lingkungan keluarga maupun lingkungan sekolah serta kondisi prasarana
dalam belajar sebagai alat bantu dalam pembelajaran tentunya akan mempengaruhi
keberhasilan peserta didik. Sarana dan prasarana yang dibutuhkan baik yang
mendukung kognitif, afektif, dan psikomotorik anak, akan diupayakan semaksimal
mungkin sesuai dengan kondisi perekonomian dan pendapatan para orang tua, demi
keberhasilan anak dalam pendidikan. Kehendak bahwa anak dalam belajar dengan
tekun, serta berprestasi sebaik mungkin, sehingga hal ini dapat dicapai jika cukup
menunjukkan perhatian terhadap proses pendidikan di sekolah baik secara materil
maupun non materil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 22 May 2023 07:21
Last Modified: 22 May 2023 07:21
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6188

Actions (login required)

View Item View Item