PENGARUH KEDISIPLINAN GURU TERHADAP PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SDN NO. 558 BIDE DESA BONE LEMO UTARA KECAMATAN BAJO BARAT KABUPATEN LUWU

Ramang, Ramang (2011) PENGARUH KEDISIPLINAN GURU TERHADAP PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SDN NO. 558 BIDE DESA BONE LEMO UTARA KECAMATAN BAJO BARAT KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Ramang.pdf] Text
Ramang.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Ramang, 2011. “Pengaruh Kedisiplinan Guru Terhadap Proses Belajar Mengajar
di SDN No. 558 Bide Desa Bone Lemo Utara Kecamatan Bajo Barat
Kabupaten Luwu”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI)
Jurusan Tarbiyah. Pembimbing (I) Dra. Hj. Hurriyah Said., M.Sos.I., dan
Pembimbing (II) Munir Yusuf, S.Ag., M.Pd.
Kata Kunci : Kedisiplinan Guru, Proses Belajar Mengajar.

Skripsi ini membahas tentang pengaruh kedisiplinan guru terhadap proses
belajar mengajar di SDN No. 558 Bide Desa Bone Lemo Utara Kecamatan Bajo
Barat Kabupaten Luwu, di mana penelitian ini mengangkat permasalahan tentang (1)
Pengaruh kedisiplinan guru SDN No. 558 Bide Desa Bone Lemo Utara Kecamatan
Bajo Barat Kabupaten Luwu dalam proses belajar mengajar dan (2) Faktor-faktor
yang mempengaruhi tingkat kedisiplinan guru SDN No. 558 Bide Desa Bone Lemo
Utara Kecamatan Bajo Barat Kabupaten Luwu. Dalam penelitian ini memadukan
berbagai macam metode dalam penelitian dikaji dengan menggunakan pendekatan
kualitatif deskriptif dan pada saat penelitian dilakukan para responden perlu memiliki
persepsi, penghayatan, pengalaman dan penilaian tertentu yang merefleksikan
persepsi tersebut terhadap semua aspek kegiatan di sekolah.
Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang digunakan untuk
mengumpulkan berbagai macam alternatif jawaban dari objek yang dikaji, yakni 1).
Observasi, yaitu teknik pengumpulan data yang dilakukan di lapangan dengan jalan
pengamatan dan pencatatan. 2). Interview, yaitu suatu teknik pengumpulan data
dengan jalan mengadakan wawancara atau tanya jawab kepada pihak-pihak yang
terkait sebagai informan di dalam memberi data. 3). Angket, yaitu teknik
pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau
pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawab. Kemudian selanjutnya
keseluruhan data tersebut dianalisis secara kualitatif yaitu data yang dikumpulkan dan
diolah secara kualitatif dengan menggunakan tabel-tabel sederhana kemudian hasil
olahan tersebut dijadikan acuan dasar untuk menganalisa secara kualitatif terhadap
suatu permasalahan yang telah dirumuskan sebelumnya dan memberikan gambaran
mengenai pengaruh kedisiplinan guru terhadap proses belajar mengajar dan hasil
analisis berbentuk tabel frekuensi dan tabel persentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh kedisiplinan guru
terhadap proses belajar mengajar bagi siswa dalam mengikuti pelajaran di dalam
kelas senantiasa merasa senang ketika guru dalam melaksanakan proses pembelajaran
yang menyenangkan yakni pemberian materi dibarengi dengan pola pengajaran yang
bervariatif, situasi ini akan membangkitkan kesenangan siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 22 May 2023 07:41
Last Modified: 22 May 2023 07:41
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6189

Actions (login required)

View Item View Item