PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) BAJO

MARTIKA, MARTIKA (2023) PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) BAJO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of MARTIKA.pdf] Text
MARTIKA.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK
Martika, 2023. “Pemanfaatan Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca
Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Bajo”. Skripsi Program
Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh A. Riawarda M. dan
Firman Patawari.
Skripsi ini membahas tentang pemanfaatan perpustakaan dalam
meningkatkan minat baca peserta didik di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Bajo.
Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui pemanfaatan perpustakaan di MTs
Bajo; Untuk mengetahui minat baca peserta didik di MTs Bajo; Untuk mengetahui
penghambat pemanfaatan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca peserta
didik di MTs Bajo.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Subjek penelitian
ini adalah kepala perpustakaan, pustakawan dan peserta didik. Data penelitian
diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi dengan analisis data
menggunakan pengumpulan data, pemeriksaan data, rekontruksi data, sistematika
data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemanfaatan perpustakaan di MTs
Bajo belum memenuhi standar nasional perpustakaan karena belum ada gedung
khusus, koleksi buku yang masih kurang dan sarana penunjang yang juga minim.
Namun, dalam hal memberikan pelayanan perpustakaan sudah baik karena telah
ada pustakawan yang siap melayani semua kebutuhan pengunjung. Minat baca
peserta didik di MTs Bajo adalah baik meskipun waktu berkunjung ke perpustakaan
masih dapat dikatakan kurang namun banyak diantara peserta didik yang memilih
meminjam buku untuk dibaca di asrama saja. Adapun penghambat pemanfaatan
perpustakaan di MTs Bajo yaitu sarana dan prasarana perpustakaan dan koleksi
yang belum dapat menjadi prioritas dalam penyelenggaraannya. Hambatan yang
paling berpengaruh adalah karena kurangnya daya tampung perpustakaan sekolah
untuk menampung sekitar 700 an peserta didik serta buku-bukunya yang masih
kurang.
Kata Kunci: Pemanfaatan Perpustakaan, Minat Baca, Peserta Didik

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 23 May 2023 00:16
Last Modified: 23 May 2023 00:16
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6210

Actions (login required)

View Item View Item