PENTINGNYA BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MADRASAH IBTIDAIYAH 21 BAJO KECAMATAN BAJO KABUPATEN LUWU

Risna, Risna (2011) PENTINGNYA BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MADRASAH IBTIDAIYAH 21 BAJO KECAMATAN BAJO KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Risna.pdf] Text
Risna.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Risna, 2011. Pentingnya Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar
Siswa pada Madrasah Ibtidaiyah 21 Bajo Kecamatan Bajo Kabupaten Luwu –
Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah. Pembimbing
(1) Prof. Dr. H. Nihaya M., M.Hum., dan Pembimbing (2) M. Irfan Hasanuddin,
S.Ag., M.A.
Kata Kunci : Bimbingan dan Konseling, Motivasi Belajar
Skripsi ini membahas tentang Pentingnya Bimbingan dan Konseling dalam
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Madrasah Ibtidaiyah 21 Bajo Kecamatan Bajo
Kabupaten Luwu. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan tentang: (1)
Bagaimana gambaran pemberian bimbingan yang dilakukan oleh guru PAI terhadap siswa
pada Madrasah Ibtidaiyah 21 Bajo Kecamatan Bajo, (2) Bagaimana gambaran motivasi
siswa pada Madrasah Ibtidaiyah 21 Bajo Kecamatan Bajo, dan (3) Bagaimana efektifitas
pemberian bimbingan terhadap motivasi belajar siswa pada Madrasah Ibtidaiyah 21 Bajo
Kecamatan Bajo
Untuk memberikan jawaban terhadap permasalahan yang dikemukakan di atas,
penulis mengumpulkan data dengan metode field research atau penelitian lapangan yaitu
penulis terjun langsung meneliti obyek menggunakan teknik: Observasi, Wawancara,
Dokumentasi, Angket, demikian juga library research yaitu penulis memperoleh data
dengan jalan membaca buku-buku yang ada hubungannya dengan pembahasan skripsi ini.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif yaitu berusaha
memaparkan kenyataan yang ada berdasarkan teknik tabulasi frekuensi dengan analisis
Skala Likert.
Berdasarkan hasil penelitian tentang gambaran bimbing dan konseling yang
dilakukan guru jika diukur menggunakan skala likert diperoleh nilai 86,98%. Nilai ini
dalam Skala Likert terletak pada wilayah tinggi mendekati wilayah sedang. Hal ini
menunjukkan bahwa bimbingan dan konseling cukup besar dalam bentuk pemberian
nasehat dan teguran serta perhatian terhadap perilaku siswa. Sedangkan gambaran tentang
tingkat motivasi belajar siswa juga terkategori tinggi menurut pengukuran Skala Likert
dimana pada variabel ini diperoleh nilai 90,74%. Ini menggambarkan bahwa siswa sangat
senang dengan perhatian guru terhadap dirinya. Dari hasil penelitian tersebut maka
disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara perilaku bimbingan guru terhadap
meningkatnya motivasi belajar siswa. Berdasarkan analisis regresi ditemukan adanya
pengaruh yang kuat variabel bimbingan guru (X) terhadap motivasi belajar siswa (Y),
dimana nilai T hitung lebih besar daripada nilai T tabel.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 24 May 2023 00:23
Last Modified: 24 May 2023 00:23
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6222

Actions (login required)

View Item View Item