STUDI TENTANG KEMATANGAN PSIKOLOGI ANAK DALAM HUBUNGANNYA DENGAN DAYA SERAP SISWA DI SDN 1 KALU-KALUKU KECAMATAN KODEOHA KABUPATEN KOLAKA UTARA

Ritme, Ritme (2011) STUDI TENTANG KEMATANGAN PSIKOLOGI ANAK DALAM HUBUNGANNYA DENGAN DAYA SERAP SISWA DI SDN 1 KALU-KALUKU KECAMATAN KODEOHA KABUPATEN KOLAKA UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Ritme.pdf] Text
Ritme.pdf

Download (1MB)

Abstract

A B S T R A K
RITME, 2011, Studi tentang Kematangan Psikologis Anak Dalam
Hubungannya Dengan Daya Serap Siswa di SDN Kalu�Kaluku Kecamatan Kodeoha Kabupaten Kolaka Utara.
Skrip si Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama
Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo,
Pembimbing (I).Drs. H Bulu K, M.Ag ; (II). Drs. H.M. Arief
R., M.Pd.I
Kata Kunci: Studi Kematangan, Psikologi Daya Serap
Skripsi ini mengacu pada dua pokok masalah, Bagaimana pengaruh
kematangan psikologis dalam hubungannya dengan kegiatan belajar di
sekolah dan Upaya-upaya apa yang diterapkan oleh guru dalam meningkatkan
daya serap siswa di Sekolah Dasar Negeri 1 Kalu-Kaluku .
Dalam pembahasan skripsi ini digunakan pendekatan kualitatif untuk
mendiskripsikan secara jelas dua permasalahan pokok tersebut. Dalam
memperoleh informasi yang aktual maka dilakukan observasi awal terlebih
dahulu. Setelah itu dilakuka penelitian kembali dengan penyebaran angket
terhadap siswa beserta dengan wawncara langsung, kepada beberapa orang
guru.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kematangan psikologis
berpengaruh dalam kegiatan belajar siswa, karena dengan kematangan
psikologis tersebut siswa mampu memiliki daya serap yang baik dalam
menerima pelajaran, sehingga hasil belajar menjadi lebih baik. Rata-rata
murid SD Negeri 1 Kalu-Kaluku memperlihatkan kecenderungan bahwa
sebagian besar mereka telah mencapai kematangan psikologi yang
berpengaruh positif terhadap peningkatan daya serap dalam belajar. Berbagai
upaya telah dilakukan oleh guru untuk meningkatkan daya serap siswa di SD
Negeri 1 Kalu-Kaluku, antara lain mempergunaka metode yang sesuai dengan
minat dan perhatian siswa. Juga senantiasa memotivasi siswa untuk senang
belajar dan mengulang pelajarannya. Menggunakan metode mengajar yang
bervariasi serta mempergunakan alat bantu dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 24 May 2023 00:29
Last Modified: 24 May 2023 00:29
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6224

Actions (login required)

View Item View Item