IMPLEMENTASI PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI DI SMPN 5 PALOPO

Rosnia, Rosnia (2014) IMPLEMENTASI PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI DI SMPN 5 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Rosnia.pdf] Text
Rosnia.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Rosnia 2014. Implementasi Prinsip Pengembangan Kurikulum PAI di SMPN 5 Palopo.
Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan
Tarbiyah STAIN Palopo. Pembimbing (1) Munir Yusuf, S.Ag., M.Pd.,
Pembimbing (II) Muh. Irfan Hasanuddin, MA.
Kata-kata Kunci: Pengembangan Kurikulum
Ada tiga permasalahan dalam penelitian ini, yaitu: 1. Bagaimana
gambaran implementasi prinsip pengembangan kurikulum PAI di SMPN 5
Palopo? 2. Bagaimana gambaran proses dan kualitas pembelajaran PAI di SMPN
5 Palopo? 3. Bagaimana implementasi prinsip pengembangan kurikulum PAI
dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SMPN 5 Palopo? Penelitian ini
bertujuan: 1. Untuk mengetahui implementasi prinsip pengembangan kurikulum
PAI di SMPN 5 Palopo, 2. Untuk mengetahui gambaran proses dan kualitas
pembelajaran PAI di SMPN 5 Palopo, 3. Untuk mengetahui implementasi prinsip
pengembangan kurikulum PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di
SMPN 5 Palopo.
Penelitian dalam skripsi ini mempergunakan pendekatan kualitatif
deskriptik dan lokasi penelitiannya berada di Kota Palopo. Skripsi ini merupakan
penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Teknik analisis datanya ada dua, yaitu deduktif dan induktif.
Hasil penelitian ini terdiri dari tiga hal, yaitu: 1) Kurikulum yang
diterapkan di SMPN 5 Palopo adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP). Pelaksanaannya sudah berjalan dengan baik. Ada faktor pendukung dan
penghambatnya. 2) Gambaran pembelajaran PAI menunjukkan pelaksanaannya
yang dipelopori oleh guru berjalan baik juga. Paling tidak ada tiga hal yang
menjadi intinya, perencanaan, pelaksanaan dan penilaiannya. 3) Implementasi
pengembangan kurikulum PAI dilakukan secara terpola dan teratur. Hal ini
dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Pengembangan prinsip-prinsip kurikulum PAI yang telah terwujud dan
dikembangkan di SMPN 5 Palopo hendaklah dipertahankan dengan cara guru dan
siswa memahaminya dengan baik. Pengembangan ini masih perlu ditingkatkan
dengan berbagai kreativitas yang ada. Dengan demikian, PAI sebagai mata
pelajaran yang wajib diikuti semua siswa menjadi lebih dipahami dengan baik
pula.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 24 May 2023 00:50
Last Modified: 24 May 2023 00:50
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6230

Actions (login required)

View Item View Item