HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS DENGAN KELANCARAN PROSES BELAJAR DI SDN 008 DANDANG KECAMATAN SABBANG KAB. LUWU UTARA

Salma, Salma (2011) HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS DENGAN KELANCARAN PROSES BELAJAR DI SDN 008 DANDANG KECAMATAN SABBANG KAB. LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Salma.pdf] Text
Salma.pdf

Download (1MB)

Abstract

A B S T R A K

Salma, 2011. Hubungan Antara Keterampilan Guru dalam Mengelola Kelas dengan
Kelancaran Proses Belajar di SDN No. 008 Dandang Kec. Sabbang, Kab.
Luwu Utara. Skripsi program studi Pendidikan Agama Islam Jurusan
Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo. Pembimbing
(I) Drs. Hasbi, M.Ag., (II) Muh. Irfan Hasanuddin, S.Ag., M.A.
Kata Kunci: Keterampilan Guru, Pengelolaan Kelas, dan Pembelajaran
Skripsi ini membahas tentang Hubungan Antara Keterampilan Guru dalam
Mengelola Kelas dengan Kelancaran Proses Belajar di SDN No. 008 Dandang Kec.
Sabbang, Kab. Luwu Utara. Pokok permasalahannya adalah keterampilan�keterampilan apa saja yang dimiliki oleh guru dalam mengelola kelas?, Bagaimana
proses belajar apakah berjalan lancar atau tidak?, serta bagaimana hubungan antara
keterampilan guru dalam mengelola kelas dengan kelancara proses belajar?
Untuk mengetahui hal tersebut maka penulis mengumpulkan data melalui
observasi, wawancara, melihat dokumentasi yang ada, dan melalui angket yang
disebarkan kepada responden serta ditunjang oleh berbagai bahan literatur yang
berhubungan dengan penelitian ini, kemudian diolah melalui metode induktif,
deduktif, dan komparatif, dan dianalisis dengan metode analisis statistik deskriptif
dengang persentase.
Dari hasil penelitian ini guru yang ada di SDN No. 008 Dandang Kec.
Sabbang, Kab. Luwu Utara memiliki keterampilan dalam mengelola kelas sehingga
proses belajar berjalan lancar. Keterampilan guru dalam mengelola kelas ada
hubungannya dengan kelancaran proses belajar di SDN No. 008 Dandang Kec.
Sabbang, Kab. Luwu Utara. Sehingga dengan demikian, maka dengan adanya
beberapa keterampilan yang dimiliki oleh guru dalam mengelola kelas maka proses
belajar berjalan lancar yang akhirnya tujuan pembelajaran juga dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 24 May 2023 01:26
Last Modified: 24 May 2023 01:26
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6241

Actions (login required)

View Item View Item