PENGARUH PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS TERHADAP AKHLAK PESERTA DIDIK PADA MTS. AL-FURQAN NOLING KECAMATAN BUPON KABUPATEN LUWU

Yunus, Salmiyah (2011) PENGARUH PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS TERHADAP AKHLAK PESERTA DIDIK PADA MTS. AL-FURQAN NOLING KECAMATAN BUPON KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Salmiyah Yunus.pdf] Text
Salmiyah Yunus.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Salmiyah Yunus, 2011 "Pengaruh Pembelajaran al-Qur’an dan Hadis terhadap
Akhlak Peserta Didik pada MTs. Al-Furqan Noling Kecamatan Bupon
Kabupaten Luwu". Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam,
Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo.
Pembimbing (1) Drs. H. Muhazzab Said, M.Si. (2) Ilham, S.Ag.
Kata Kunci: Pengaruh Pembelajaran, al-Qur’an Hadis, Akhlak, Peserta Didik
Skripsi ini membahas berbagai pengaruh pembelajaran al-Qur’an Hadis
terhadap akhlak peserta didik MTs. al-Furqan Noling, terdapat dua sub masalah yang
menjadi fokus kajian dalam skripsi ini, yakni bagaimana metode aplikasi nilai-nilai
akhlak dalam pembelajaran al-Qur’an Hadis dan bagaimana pengaruhnya terhadap
peserta didik di MTs al-Furqan Noling, penelitian ini bertujuan untuk ( 1) mengetahui
proses kegiatan pembelajaran al-Qur’an Hadis di MTs. al-Furqan Noling, (2)
mengungkap berbagai metode aplikasi nilai-nilai ahklak dalam pembelajaran al�Qur’an Hadis di MTs. al-Furqan Noling terhadap Akhlak bagi peserta didik.
Dalam skripsi ini digambarkan obyek penelitian sesuai dengan kenyataan yang
ditemukan melalui penelitian lapangan (field research). Metode penelitian yang
digunakan pengambilan populasi dan sampel. Pengumpulan data melalui observasi
wawancara, kuisioner, dan dokumentasi. Pengelolaan dn analisis datanya secara
kualitatif dalam bentuk tabel dengan cara membagi hasil data dengan distribusi
frekuensi.
Skripsi ini merumuskan kesimpulan bahwa pelaksanaan pembelajaran al�Qur’an Hadis di MTs. al-Furqan Noling merujuk pada ketentuan standar kompetensi
lulusan (skl) dan susunan silabus yang ditetapkan oleh Direktorat Pendidikan pada
madrasah, tahun 2007 ruang lingkup materi pembelajarannya adalah pada segi
membaca, menulis, menerjemahkan, dan menerapkan isi kandungan al-Qur’an Hadis
adapun metode yang digunakan guru dalam dalam pembelajaran al-Qur’an Hadis di
MTs. al-Furqan Noling adalah para siswa memiliki kesadaran dan motivasi yang
tinggi terhadap pembentukan akhlak mulia.
Implikasi penelitian adalah pentingnya guru al-Qur’an Hadis di MTs. al�Furqan Noling untuk lebih berkonsentrasi pada evaluasi materi dan metodologi
pengajaran yang membuat peserta didik benar-benar dapat mewujudkan akhlak
karimah pada dirinya masing-masing.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X5.1 Akhlak (Akhlaq)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 24 May 2023 02:01
Last Modified: 24 May 2023 02:01
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6243

Actions (login required)

View Item View Item