PENDIDIKAN UMUM DAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN SPIRITUAL SISWA SDN 231 PADANG ASSOMPERENG KECAMATAN PONRANG KABUPATEN LUWU

Idris, Samsiar (2011) PENDIDIKAN UMUM DAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN SPIRITUAL SISWA SDN 231 PADANG ASSOMPERENG KECAMATAN PONRANG KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Samsiar Idris.pdf] Text
Samsiar Idris.pdf

Download (910kB)

Abstract

ABSTRAK
Samsiar Idris, 2011. “Pendidikan Umum dan Pendidikan Agama Islam Sebagai Upaya
Peningkatan Spiritual Siswa SDN 231 Padang Assompereng
Kecamatan Ponrang Kabupaten Luwu” Jurusan Tarbiyah Program Studi
Pendidikan Agama Islam, Pembimbing I, Sukirman Nurdjan, S.S., M.Pd.,
Pembimbing II, Ilham, S.Ag., M.A.

Kata kunci: Pendidikan Umum dan Pendidikan Agama Islam, Peningkatan
Spiritual Siswa SDN 231 Padang Assompereng Kec. Ponrang Kab.
Luwu.
Skripsi ini membahas tentang Pendidikan Umum dan Pendidikan Agama
Sebagai Upaya Peningkatan Spiritual Siswa SDN 231 Padang Assompereng Kec.
Ponrang Kab. Luwu. Yang menjadi pembahasan utama penelitian ini adalah Pendidikan
Umum dan Pendidikan Agama Sebagai Upaya Peningkatan Spiritual Siswa SDN 231
Padang Assompereng Kec. Ponrang Kab. Luwu. Dalam hal ini penulis ingin
memperoleh data tentang (1) Bagaimana pengaruh pendidikan umum dan pendidikan
agama di SDN 231 Padang Assompereng, (2) Bagaimana bimbingan pendidikan umum
dan pendidikan agama Islam dalam peningkatan spiritual siswa di SDN 231 Padang
Assompereng, (3) Bagaimana peran orang tua dan guru dalam peningkatan spiritual
siswa di SDN 231 Padang Assompereng, (4) Bagaimana hambatan dan peluang orang
tua dan guru dalam peningkatan spiritual Siswa di SDN 231 Padang Assompereng
Dalam konteks penelitian ini, peneliti menggunakan desain penelitian deskriptif
kualitatif yang bersifat eksploratif yang bertujuan untuk menguraikan sifat dan
karakteristik dari suatu fenomena. Jumlah populasi keseluruhan adalah 539 siswa..
Penelitian ini mengambil 30 sampel dari 3 tingkatan kelas yakni kelas, IV, V, VI,
masing-masing 10 orang. Selanjutnya dalam pengumpulan data, penulis menggunakan
cara: observasi lapangan, dokumentasi, dan wawancara. Dan selanjutnya peneliti
menganalisis data yang diperoleh dengan teknik deskriptif dan interpretatif.
Berdasarkan hasil riset dari penelitian ini menunjukkan bahwa:
1. Pendidikan agama merupakan mata pelajaran agama yang disebut dengan PAI
(Pendidikan Agama Islam) yang diajarkan kepada siswa, yang sama dengan pelajaran
umum lainnya, di antaranya adalah IPA, IPS dan lainnya.
2. Bimbingan pendidikan umum dengan pendidikan agama dalam peningkatan spiritual
peserta didik, dengan semangat dan hasil belajar dibangku sekolah.
3. Peran orang tua dan guru dalam peningkatan spiritual siswa SDN 231 Padang
Assompereng terlaksana karena orang tua sebagai penanggung jawab dalam lingkungan
keluarga dan guru sebagai pendidik dalam proses belajar mengajar di sekolah.
4. Hambatan dan Peluang Orang Tua dan Guru dalam Peningkatan Spiritual Siswa di
SDN 231 Padang Assompereng dapat terealisasi atas kerjasama guru dan orang tua
sebagai upaya peningkatan spiritual siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 24 May 2023 03:19
Last Modified: 24 May 2023 03:19
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6245

Actions (login required)

View Item View Item