Efektivitas Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Baburrahmah Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu Utara

Samaru, Samaru (2011) Efektivitas Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Baburrahmah Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu Utara. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Samuru.pdf] Text
Samuru.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Samuru, 2011. Efektivitas Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Baburrahmah Kecamatan Baebunta
Kabupaten Luwu Utara. Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan
Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo, Pembimbing
I: Drs. Masmuddin, M.Ag. Pembimbing II: Dr. Muhaemin, M.A.
Kata Kunci: Pengelolaan, Pendidikan Islam.
Penelitian ini membahas tentang efektivitas pengelolaan pembelajaran
pendidikan agama Islam pada Madrasah Tsanawiyah Baburrahmah Kabupaten Luwu
Utara. Pokok masalah yang dibahas adalah 1. Bagaimana efektivitas pengelolaan
pembelajaran pendidikan agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Baburrahmah
Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu Utara? 2. Bagaimana hambatan dalam
pengelolaan pendidikan agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Baburrahmah
Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu Utara? 3. Apa upaya yang dilakukan untuk
mengefektifkan pendidikan agama Islam pada Madrasah Tsanawiyah Baburrahmah
di Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu Utara?
Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Jumlah populasi 96 orang terdiri
atas 14 guru dan 82 siswa. Sampel pada siswa 20 orang. Untuk mengumpulkan data
di lapangan digunakan metode angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data
yang diperoleh melalui angket diolah dengan metode statistik, sedang data yang
diperoleh dari wawancara dianalisis secara kualitatif kemudian diambil kesimpulan
secara deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pengelolaan pendidikan
Islam pada Madrasah Tsanawiyah Baburrahmah Baebunta sudah memadai dengan
indikatornya yaitu kegiatan belajar mengajar lancar, dan peserta didik berkepribadian
baik. Hambatan dalam pengelolaan pendidikan Islam di MTs Baburrahmah Baebunta
ialah faktor profesionalisme guru rendah, jumlah siswa masih kurang, dan faktor
fasilitas atau sarana dan prasarana kurang memadai. Sedangkan upaya dalam
pengelolaan sekolah pada Madrasah Tsanawiyah Baburrahmah Baebunta yaitu
membina dan menjalin partisipasi aktif dengan stakeholder; pemerintah dan
masyarakat, pengelolaan dilakukan berbasis keislaman, kedisiplinan guru PAI yang
dicontoh oleh guru lainnya.
Implikasi penelitian yaitu 1. kepada setiap guru agar meningkatkan kualitas
keilmuannya terutama menyangkut siswa, pengelolaan kelas sehingga terjadi sinerjis
kemampuan antara guru agama dengan guru umum. 2. Guru agama hendaknya lebih
intens menjalin kerja sama dengan stakeholder, Kementrian Agama dan Dinas
Pendidikan agar madrasah ini tetap eksis di tengah persaingan merekrut calon siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 24 May 2023 03:31
Last Modified: 24 May 2023 03:31
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6246

Actions (login required)

View Item View Item